Gembong-PDIP Kritik Penamaan JIS: Harusnya Pakai Nama Stadion BMW

Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono.
Sumber :
  • VIVA/ Ridho Permana.

VIVA – Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DKI Jakarta, Gembong Warsono mengkritik penamaan Stadion Jakarta International Stadium (JIS) yang dicetuskan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan. 

Ketua DPRD Minta Pemprov DKI Perbaiki Kualitas APBD, Singgung Permukiman Kumuh

Ia mengatakan, seharusnya stadion itu diberi nama Stadion BMW bukan Stadion JIS. Hal itu sesuai dengan undang-undang yaitu memakai bahasa Indonesia bukan bahasa asing untuk fasilitas umum. 

"Harusnya ketentuan UU kan seperti itu karena harus mendukung bahasa Indonesia," kata Gembong kepada wartawan di Jakarta, Rabu, 11 Mei 2022. 

Alasan PDIP Absen saat Penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wapres Terpilih

Foto aerial pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) di Papanggo.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.

Ia menuturkan, penamaan Stadion BMW itu dicetuskan oleh mantan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo. "Ya tapi penamaan itu oleh Pak Foke (Fauzi Bowo) saat itu, BMW itu, penamaan stadion BMW itu oleh Pak Foke. Kenapa BMW? Kan menandakan itu adalah ikon Jakarta saat itu," ujarnya. 

KPU Ungkap Alasan Abaikan Permintaan PDIP Tunda Penetapan Prabowo

BMW sendiri, kata dia, mempunyai arti bersih, manusiawi, wibawa. Dengan demikian, ia menyarankan sebaiknya stadion itu diberi nama stadion BMW. 

"Saya kira lebih tepat dibandingkan dengan JIS. Jauh. Memang kesan yang ingin dibangun Pak Anies kesan intelektual, bahwa dengan bahasa Inggris kesan intelektualnya tinggi. Tapi dalam konteks membangun bahasa persatuannya rendah," katanya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya