Usai Banjir, 8 Titik Drainase Jalan di Tangerang Akan Diperbaiki

Ilustrasi banjir
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Usai banjir yang merendam wilayah Kabupaten Tangerang, membuat pemerintah setempat melalui Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) melakukan perbaikan drainase.

China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

Perbaikan ini bakal dilakukan di delapan titik ruas jalan Kabupaten Tangerang di antaranya drainase Kutabaru, Jalan Sindang Jaya, Jalan Rajeg Rajawali, Kutajaya-Kutabumi, Gardu-Tanah Merah, Jayanti-Megu-Cisoka, dan Sukabakti-Binong-Curug.

"Insya Allah mulai Juli 2022 setelah proses lelang selesai, pelaksanaan perbaikan drainase bisa langsung berjalan di 8 titik lokasi, yang tersebar di ruas jalan Kabupaten Tangerang," kata Kepala DBMSDA Kabupaten Tangerang, Iwan Firmansah Effendi, Kamis, 12 Mei 2022.

Setelah Dubai, Hujan Ekstrem Diprakirakan Akan Landa Arab Saudi

Ilustrasi Banjir.

Photo :
  • VIVA.co.id/Anwar Sadat

Lanjut dia, perbaikan ini dilakukan setelah terjadi pendangkalan pada saluran drainase akibat sedimentasi di 8 titik tersebut. Karena itu harus dilakukan normalisasi dan pelebaran drainase sehingga air bisa mengalir lebih lancar.

Pengembang Perumahan di Dubai Beri Perbaikan Rumah Gratis Setelah Banjir Bandang

"Perbaikan melalui normalisasi dan pelebaran drainase dilakukan agar mengurangi genangan dan potensi banjir, bahkan menjadi kebutuhan penting untuk merawat jalan agar tidak mudah rusak. Sebab, jika terlalu sering digenangi air, aspal akan mudah mengelupas," ujarnya.

Ia juga meminta, agar masyarakat bersabar dalam langkah pemerintah untuk bisa mengatasi drainase yang kerap tersumbat dan menimbulkan banjir.

"Kami (DBMSDA) juga akan terus mengupayakan solusi terbaik dalam melakukan percepatan penanganan drainase, diharapkan masyarakat dapat bersabar karena penanganan yang kami lakukan bertahap sesuai dengan kemampuan keuangan daerah," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya