Wagub DKI: 24 Kasus Hepatitis Baru Masih Gejala

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.
Sumber :
  • ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

VIVA – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan, terdapat 24 pasien anak yang bergejala hepatitis

4 Penyakit Liver yang Sering Diabaikan, yang Terakhir Perlu Jadi Perhatian

Ia meminta kepada seluruh masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan (prokes). "Di luar itu memang ada lagi 24 kasus baru, dengan kategori hepatitis yang umum biasa gejala. Namun masih dalam bentuk gejala, belum hepatitis akut, masih dalam pengawasan," kata Riza dalam keterangannya, Jumat, 13 Mei 2022.

Selain itu, Riza juga menyarankan agar orang tua tidak mengajak anak-anak untuk ke tempat bermain, seperti kolam renang, taman bermain dan tempat makan bersama. 

Ahli Ingatkan Fatty Liver Bisa Sebabkan Hepatitis, Pengerasan Hati bahkan Kanker

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.

Photo :
  • ANTARA/Ricky Prayoga

"Melaksanakan prokes secara patuh, disiplin serta bertanggung jawab dan hindari tempat umum dan bersama khususnya anak - anak, seperti kolam renang, arena bermain, tempat bermain, railink dan tempat makan bersamaan itu agar dihindari," ujarnya.

Angka Penyakit Hati Meningkat, Temulawak Bisa Perbaiki Hingga Cegah Kerusakannya

Ia juga menyarankan kepada tenaga pendidikan agar selalu taat menjalani protokol kesehatan guna menghindari virus hepatitis akut yang menjangkit anak-anak di bawah umur 16 tahun.

"Termasuk juga di sekolah yang berpotensi, kami juga sudah menyampaikan kepada tenaga pendidikan di seluruh Jakarta untuk memastikan melaksanakan prokes dengan terus melakukan pengawasan monitoring, pencegahan dan pengendalian," ujarnya.

Sebelumya, Riza menyampaikan terdapat 21 kasus yang diduga hepatitis akut yang menjangkit anak-anak di bawah usia 16 tahun.

Dari jumlah itu, kata dia, tiga orang meninggal dunia akibat penyakit hepatitis akut tersebut. Tak hanya di Jakarta, di Surabaya juga ada 1 orang yang menjadi korban. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya