Street Race Meikarta Digelar 11 Juni, Lintasannya 201 Meter

Peserta memacu sepeda motornya dalam street race di Ancol.
Peserta memacu sepeda motornya dalam street race di Ancol.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/tom.

VIVA – Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo mengaku sudah meninjau area untuk kegiatan lanjutan Street Race Polda Metro Jaya di Meikarta pada 11 sampai 12 Juni 2022.

Adapun, panjang lintasannya sekitar 201 meter. Mengingat panjang trek 201 meter, sehingga kategorinya hanya diperuntukkan bagi sepeda motor. Street race tidak melibatkan komunitas mobil. 

"Kemarin kami sudah tinjau lintasan di sana, kita sudah ukur cukup pendek jadi kita hanya melombakan untuk kelas sepeda motor," ujar dia kepada wartawan, Sabtu 14 Mei 2022.

Baca juga: Update COVID-19 Nasional 14 Mei 2022: Sembuh Tambah 416 Orang

Dirinya mengatakan, konsep street race berubah dari sebelumnya. Dari segi waktu maupun acara. Kata Sambodo, pihaknya berencana mengadakannya pada malam hari dan menyediakan lahan bagi UMKM untuk menjual spare part. Ada pula panggung pentas seni dan area kuliner.

"Ada yang berbeda saat ini ada balapan malam hari karena saya lihat ada penerangannya di sana cukup baik. Kita mulai hari pertama itu siang mungkin selesainya agak malam kemudian minggunya kita mulai selesai sore jadi nanti akan ada kita padukan dengan semacam festival band SMA, pasar murah mungkin untuk spare part otomotif," katanya.

Ia berdalih, kegiatan ini berhasil meminimalkan balap liar. Menurutnya, beberapa titik yang selama ini ditengarai sering terjadi balap liar sudah hilang.  

Sambodo bahkan mengklaim tengah mencari lahan untuk dijadikan tempat bagi komunitas balap menyalurkan hobinya. 

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Foe Peace Simbolon

"Walaupun masih ada 1, 2 volume dan frekuensinya sudah tidak seperti dilu lagi. Jadi tidak liar lagi jadi mereka sekarnag sudah bisa bergabung dengan kita, kita sudah ada komunitasnya, kita punya WhatsApp grupnya. Kita cari lah nanti lokasi mana yang bisa digunakan setiap saat. Jadi mereka kalau mau balapan tinggal bawa mobil atau motornya balapan di situ nanti kita evaluasi lokasi mana yang memungkinkan untuk kita adakan semacam ajang mereka balapan," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya sudah memetakan sejumlah lokasi yang bakal dijadikan tempat untuk ajang balapan street race di wilayah Bekasi, Jawa Barat. Rencananya, street race akan diselenggarakan di Meikarta bulan depan.

"Bulan depan kemungkinan Meikarta," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Jakarta pada Minggu, 24 April 2022.