Puting Beliung Terjang Depok, 81 Rumah Rusak Atap Dirobek Angin

Depok diterjang angin puting peliung
Sumber :
  • VIVA/Ridwan Putra

VIVA – Kota Depok porak-poranda setelah terjangan angin puting beliung disertai hujan deras melanda pada Minggu 15 Mei 2022 sore. Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok mencatat sedikitnya ada 81 rumah rusak dan 9 pohon tumbang karena diterjang angin ganas tersebut.

Peringati Hari Bumi Sedunia, IMIP Tanam 1.000 Pohon Pelindung

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Denny Romulo mengatakan, bencana itu tersebar hanya di dua kecamatan yakni Kecamatan Sawangan dan Kecamatan Pancoran Mas.

“Untuk di Kecamatan Pancoran Mas ada kurang lebih ada 18 rumah rusak akibat puting beliung, sementara di Kecamatan Sawangan ada 63 rumah,” kata Denny dikonfirmasi, Senin 16 Mei 2022.

Indonesia Penghasil Emisi Karbon Terbesar di Dunia, Tanam Lebih Banyak Mangrove Bisa Jadi Solusinya

Denny mengatakan akibat peristiwa itu membuat masyarakat terdampak tidak bisa lagi menempati rumahnya karena hampir sebagian besar mereka kehilangan atapnya yang terbawa angin, dan tidak sedikit pula yang rumahnya mengalami kerusakan parah hingga roboh.

“Di wilayah RT 01 RW 08, Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, atap rumah salah satu warga tertimpa tembok rumah tetangganya sehingga asbes, plafon runtuh, mengenai dan merusak seluruh kamar dan ruangan, sehingga tidak bisa ditempati,” kata Denny.

Satu Motor dan Mobil Tertimpa Pohon Tumbang di Depok

Sementara untuk pohon tumbang, Denny mengatakan, ada 9 titik lokasi kejadian yang juga tersebar di dua kecamatan tersebut. Yang pertama terjadi di Jalan Parung Bingung, Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas.

Dalam kejadian itu, sebuah mobil minibus pun ringsek karena tertimpa material pohon. Namun, tidak ada korban jiwa maupun luka atas peristiwa tersebut.

“Kemudian pohon tumbang di Perumahan Diamond Valley, Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan, peristiwa itu menimpa satu buah rumah tapi tidak ada korban jiwa,” kata Denny.

Selanjutnya pohon tumbang juga terjadi di Jalan Pramuka 2, Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoran Mas, Jalan H. Kimah RT 03, RW 01, Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Kecamatan Pancoran Mas, Jalan Bedahan Baru, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan.

Perumahan GSR, RT 02, RW 03, Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan, Jalan H. Sulaiman, Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan, Jalan Samudra Jaya Gg. Grogol 5, Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, serta di Jalan Tirta Rasa, RT06, RW 06, Kelurahan Sawangan, Kecamatan Sawangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya