Waspada Potensi Rob, Camat Pademangan Siagakan Warga di Ancol

Camat Pademangan Didit Mulyadi mengecek debit air di sungai anak Kali Ciliwung.
Camat Pademangan Didit Mulyadi mengecek debit air di sungai anak Kali Ciliwung.
Sumber :
  • ANTARA/Abdu Faisal

VIVA – Camat Pademangan Didit Mulyadi menyiagakan warga di Ancol untuk mewaspadai potensi rob yang diprakirakan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dapat terjadi pada 15-19 Mei 2022.

Didit turun langsung ke wilayah RT04/ RW01 Kelurahan Ancol pada Selasa,17 Mei 2022, dengan mengajak Lurah Ancol Rusmin, Wakil Camat Pademangan Johan Girsang dan Sekretaris Kecamatan Samuel AR untuk bersama-sama memberitahukan warga agar berhati-hati, terutama dengan aliran listrik.

Camat Pademangan juga terjun langsung melihat aliran sungai anak Kali Ciliwung yang bersisian dengan wilayah permukiman RT04/ RW01, guna mengecek debit air dan saat ini masih belum ada tanda-tanda penambahan volume di sana.

"Memang ada peringatan dini dari BMKG yang disampaikan lewat BPBD DKI akan ada rob pada 15-19 Mei dan saya antisipasinya dengan terjun langsung ke sini dan kita lihat bersama kondisi sungai anak Kali Ciliwung di Kelurahan Ancol, Kecamatan Pademangan," kata Didit.

Banjir rob atau luapan dari air laut pasang terjadi di kawasan Ancol

Banjir rob atau luapan dari air laut pasang terjadi di kawasan Ancol

Photo :
  • VIVAnews/Wahyu Firmansyah

Ia mengatakan terakhir rob melanda wilayah Kecamatan Pademangan pada November 2021, yaitu di Kelurahan Ancol tepatnya di RW 08 yang berbatasan langsung dengan tanggul yang ada di Pelabuhan Sunda Kelapa.

Saat itu, ketinggian air di Pelabuhan Sunda Kelapa mencapai satu setengah meter, bahkan limpasan airnya sampai ke pemukiman warga RW 08 yang berbatasan langsung dengan kawasan pelabuhan tersebut.

Sebanyak 11 RT di Kelurahan Ancol merasakan bagaimana situasi rob saat itu.

Saat itu, kata Didit, ada sekitar empat RT yang kondisinya parah sehingga harus diungsikan ke masjid dan kantor RW 08.

Saat ini, Didit optimistis wilayahnya cukup aman dari dampak rob karena kondisi tanggul sudah ada perbaikan ketinggian hingga dua meter dengan panjang 1,1 kilometer di Pelabuhan Sunda Kelapa.

Apabila kondisi rob cukup parah sebagaimana November 2021, Kecamatan Pademangan sudah menyiapkan tempat pengungsian warga di kantor RW 08, Kelurahan Ancol.

Ia mengatakan akan ada penambahan perbaikan tanggul lagi di tahun ini oleh Kementerian PUPR, sehingga warga Kecamatan Pademangan bisa terhindar dari dampak rob.

Selain itu, di Pademangan seperti pada November 2021 sudah menyiapkan pompa apabila debit air sungai anak Kali Ciliwung mulai tinggi.

"Yang bergerak (mobile) berjumlah tujuh pompa yang beroperasi dari Suku Dinas Sumber Daya Air, Jakarta Utara," kata Didit.

Selain itu, ada lima pompa stasioner dalam kondisi baik seperti Pompas Stasioner Ancol, Pompa Stasioner Viaduck, Pompa Stasioner WTC, Pompa Stasioner Mangga Dua sisi selatan dan Pompa Stasioner Mangga Dua sisi utara.

Kemudian ada tiga pintu air, di antaranya pintu air flushing Ancol, pintu air Marina Ancol dan pintu air Bandan Ancol. (Antara)