Peringati Hari Buku Nasional, Wagub DKI: Setop Pembajakan Buku

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria.
Sumber :
  • VIVA/Syaefullah

VIVA – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, Indonesia sebenarnya merupakan negara yang produktif dalam pemroduksian buku dan penerbitan. Hal itu dikemukakan Riza merespons peringatan Hari Buku Nasional yang jatuh pada tanggal 17 Mei 2022 lalu

Buku Karya Penulis Israel yang Diduga Pengaruhi Zara Lepas Hijab Beredar di Indonesia

"Indonesia merupakan negara yang memiliki industri penerbitan yang produktif di Asia Tenggara. Tahun 2019, dua tahun terakhir ini, Jakarta telah menjadi pusat literasi dunia," kata Riza dalam Konferensi Pers IPA World Congress 2022, Kamis, 19 Mei 2022. 

Pemerintah juga perlu berkomitmen memajukan literasi. Indonesia saat ini juga masih bergelut dalam masalah pembajakan yang masih terjadi.

Bersama Lawan TBC: Buku Pedoman Kemitraan Percepatan Penanggulangan TBC Diluncurkan WKPTB

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.

Photo :
  • ANTARA/Ricky Prayoga

Riza menambahkan, pembajakan buku tersebut perlu diperangi bersama-sama. "Kita kampanyekan setop pembajakan buku, dan terlebih lagi kita perlu perangi bersama-sama," ujarnya.

5 Cara Detoks Pikiran untuk Mencegah Stres Makin Parah, Salah Satunya Meditasi

Selanjutnya, pada tahun 2020, Jakarta juga telah berkontribusi sebesar 25 persen pada koleksi digital nasional dan telah mendaftarkan sebanyak 14.906 ISBN.

Selain itu, Jakarta juga terpilih sebagai tuan rumah Kongres Asosiasi Penerbit International ke 33, dalam IPA World Congress 2022.  

Terpilihnya Jakarta dalam IPA World 2022 ini, diharapkan dapat menjadi tahap awal untuk menentukan perkembangan industri penerbitan dan perbukuan di Indonesia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya