Anies Beri Kuliah di Kampus Ternama Paris, Bahas Problematika Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan kuliah tamu di Sciences Po Paris
Sumber :
  • Facebook Anies Baswedan

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan kuliah tamu di Sciences Po, sebuah perguruan tinggi ilmu politik terkemuka di Paris, Prancis. Dalam unggahannya di media sosial, Anies mengaku mendapat kehormatan memenuhi undangan dari Tommaso Vitale, Dekan Urban School Sciences Po, untuk berkunjung dan memberikan kuliah tamu di kampus tersebut. 

Kubu Prabowo-Gibran Sebut Pemilu Ulang Tak Ada di UU

Sciences Po, atau nama lengkapnya The École Libre des Sciences Politiques (Institut Ilmu Politik Paris), merupakan salah satu kampus terbaik dunia untuk studi pemerintahan, politik dan internasional (ranked 2nd worldwide, 2021).

Didirikan tahun 1872 setelah perang Rusia-Prancis, Sciences Po memiliki peran yang sangat strategis dalam sejarah negara Prancis. Diantaranya memberikan pendidikan tentang ekonomi, sosial, dan politik kepada generasi muda Prancis yang kelak membangun negara Prancis modern seperti saat ini. 

Otto Hasibuan Klaim Pemilu 2024 Paling Damai, Bukan Paling Buruk

Anies Baswedan didampingi Tommaso Vitale, Dekan Urban School Sciences Po Paris

Photo :
  • Facebook Anies Baswedan

Kampus yang berada di pusat Kota Paris itu banyak melahirkan politikus, diplomat dan pejabat-tokoh penting dunia. Sebagian besar presiden dan perdana menteri Prancis pun lulusan Sciences Po, termasuk presiden dan perdana menteri saat ini.

KPU: Andai Anies-Cak Imin Menang, Apa Tetap Persoalkan Pencalonan Gibran?

Dalam unggahannya, Anies mengaku diundang dekan kampus tersebut untuk memberikan kuliah tamu terkait upaya Kota Jakarta dalam mengatasi masalah perkotaan masa kini dan problematika yang dihadapi oleh kota-kota besar di dunia.

"Kami berkesempatan menceritakan secara detail tentang integrasi transportasi, upaya mengurangi dampak penurunan muka tanah dan efek climate change, serta komitmen terhadap pembangunan yang berkelanjutan," tulis Anies Baswedan dikutip dari laman Facebooknya, jumat, 20 Mei 2022.

Menurut Anies, ada tradisi pembelajaran yang kuat di kampus Sciences Po Paris yang tercermin dalam diskusi. Begitu banyak peserta aktif menanyakan pertanyaan detil dan strategis tentang tantangan dan strategi pemecahan masalah yang dilakukannya di Ibu Kota Jakarta.

"Di akhir kuliah, jajaran pengajar dan mahasiswa menghampiri dan memberikan apresiasi terhadap pendekatan kita di Jakarta yang selalu menggunakan ilmu pengetahuan dan data dalam kebijakan untuk menyelesaikan tantangan-tantangan yang dihadapi," ujarnya

Lebih jauh, mantan Menteri Pendidikan Nasional itu menegaskan kebangkitan suatu bangsa dimulai dari ruang kelas. Kata Anies, berbagai negara sudah membuktikan bahwa kemajuan bangsa dimulai dari sekolah-sekolah. 

"Seperti yang dirintis oleh mahasiswa-mahasiswa STOVIA pada 20 Mei 1908. Selamat Hari Kebangkitan Nasional," ungkapnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya