4 Peserta UTBK-SBMPTN Ketahuan Pakai Joki, Begini Modusnya

Ilustrasi suasana pelaksanaan UTBK SBMPTN 2022
Sumber :
  • antara

VIVA – Pusat Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (UTBK-SBMPTNUniversitas Negeri Jakarta (UNJ), berhasil menemukan adanya peserta curang dalam seleksi masuk perguruan tinggi negeri. 

Awal Mula Dosen Untan Diduga Joki Nilai Mahasiswa S2: Tak Pernah Kuliah Tapi Ada Nilainya

"Yang ketahuan ada 4 orang. Ada laki-laki dan perempuan," kata Ketua Pusat UTBK UNJ, Suyono di Jakarta, Jumat, 20 Mei 2022. 

Suyono mengungkapkan, peserta yang melakukan kecurangan menggunakan joki dalam seleksi itu berasal dari Sumatera dan Jawa. Mereka memilih prodi kedokteran kampus negeri yang ada di Indonesia. 

Dugaan Adanya Dosen jadi Joki Mahasiswa S2, FISIP Untan Bikin Tim Investigasi

Dia pun mengungkapkan modus yang dilakukan mereka dengan menggunakan alat komunikasi yang di pasang di dalam tubuhnya dan juga telinganya. 

"(Alatnya) melekat pada tubuh saja. Saya tidak tahu persis cara bekerja alat itu tapi alat tersebut bisa komunikasi," ujarnya. 

Polisi Sergap Puluhan Pemuda Balap Liar di Suramadu, Sempat Lepaskan Tembakan ke Udara

Begitu ketahuan pengawas ujian, maka peserta empat orang tadi di disuruh keluar ke sekretariat panitia. Mereka pun langsung diberikan sanksi tidak boleh mengikuti ujian.

"Begitu ketahuan tidak diperkenan (mengikuti ujian), kami amankan di skeretariat mendatangani berita acara. Begitu selesai kami persilahkan pulang," katanya. 

Baca juga: Mengenal UTBK-SBMPTN 2022 dan Jadwal Lengkapnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya