5.700 Personil Polisi Kawal Aksi Mahasiswa dan Buruh Hari Ini

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin.
Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin.
Sumber :
  • VIVA/Sherly (Tangerang)

VIVA – Polisi mengerahkan 5.750 personil untuk mengamankan aksi unjuk rasa yang rencananya digelar massa buruh dan mahasiswa hari ini. Personil akan ditempatkan di dua titik yakni di DPR dan kawasan Monas Patung Kuda

"Jadi saat ini kegiatan kita adalah pengawalan jalannya penyampaian pendapat di muka umum di dua titik, yakni di DPR dan di Patung Kuda," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin kepada awak media di kawasan Monas, Sabtu, 21 Mei 2022.

Komarudin lebih jauh mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan seluruh polres di wilayah Jakarta untuk mencegah kericuhan. 

Menurutnya, koordinasi dilakukan guna mencegah kelompok-kelompok provokator masuk ke tengah massa aksi. Selain itu, ada juga pembatas jalan, kawat berduri, dan sejumlah kendaraan taktis.

Aksi mahasiswa di kawasan Patung Kuda, Jakarta.

Aksi mahasiswa di kawasan Patung Kuda, Jakarta.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Wilibrodus

"Saat ini kami telah menggelar personel, baik terbuka maupun tertutup, untuk memantau. Kami telah berkoordinasi dengan polres sekitar, Polres Jakbar, Utara, Timur, Selatan, termasuk polres di wilayah aglomerasi Tangerang dan sebagainya,” ujarnya.

Komarudin mengimbau massa aksi mematuhi aturan selama demonstrasi. Dia pun meminta massa aksi dan warga yang hendak melintas di lokasi aksi saling menghargai.