TPA Cipayung Depok Over Kapasitas, Kota Depok Darurat Sampah

Gunungan sampah di TPA Depok.
Gunungan sampah di TPA Depok.
Sumber :
  • VIVAnews/ Zahrul Darmawan.

VIVA – Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) sampah Cipayung, Depok, Jawa Barat sudah tidak bisa lagi menampung sampah baru. Hal itu diungkapkan Kepala TPA Cipayung, Ardan Kurniawan. Menurutnya, tempat sampah raksasa milik Pemerintah Kota Depok tersebut kondisinya semakin melebihi ambang kapasitas, sangat riskan apabila terus ditambah dengan sampah baru.

"Dari tahun 2019 itu di kajian sudah dinyatakan bahwa TPA itu sudah over kapasitas, artinya berdasarkan rencana itu seharusnya tidak bisa membuang sampah lagi ke TPA Cipayung," kata Ardan kepada wartawan, Senin 23 Mei 2022.

Ardan menyebut, saat ini volume sampah di TPA Cipayung telah mencapai kurang lebih 2,5 juta kubik. Padahal idealnya, tempat sampah warisan Kabupaten Bogor itu hanya dapat menampung 1,3 juta kubik.

"Sudah sangat riskan, mungkin satu bulan lagi juga kita sudah pesimis gitu," kata Ardan.

Ardan Kurniawan, Kepala Unit Pelayanan Teknis TPA CIpayung, Depok.

Ardan Kurniawan, Kepala Unit Pelayanan Teknis TPA CIpayung, Depok.

Photo :
  • VIVA/Zahrul Darmawan

Tapi, kata Ardan, kenyataannya saat ini timbulan sampah baru di Kota Depok terus menjejali setiap jengkal TPA Cipayung, bahkan berdasarkan catatannya terus mengalami peningkatan.

"Sampah Kota Depok yang masuk ke TPA Cipayung itu sudah sekitar 1.100 ton per hari, sebelumnya mungkin 1.000 ton ya, ada peningkatan," kata Ardan.