Anies Tegaskan Masih Pandemi COVID-19

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Masjid UGM, Yogyakarta.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Masjid UGM, Yogyakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Cahyo Edi.

VIVA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyatakan status Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jakarta menurun hingga level 1. Hal ini disampaikan Gubernur Anies saat pembukaan acara HUT DKI Jakarta yang ke-495 di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. 

"Kita tentu mensyukuri kondisi stabilnya pandemi di Jakarta makin menurun dan kita berharap kondisi ini akan terus dan mudah mudahan nantinya kita tidak perlu lagi berada di dalam status PPKM," kata Anies dalam keterangannya, Selasa 24 Mei 2022. 

Lanjut Anies, ia mengatakan status PPKM level 1 yang dicapai oleh DKI Jakarta merupakan usaha dari setiap jajaran, seperti masyarakat, dinas kesehatan maupun aparat keamanan. 

"Ini adalah kerja kolosal tidak bisa dikerjakan oleh satu pihak saja,tapi ini kerja bersama sehingga Jakarta makin stabil. Kepada Dinas Kesehatan dan aparat keamanan," ujarnya.

Namun, Anies belum mau menyebut bahwa Jakarta sudah masuk status endemi dalam penyebaran virus Covid-19. Ia hanya meminta kepada seluruh masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

"I don't play expert, saya tidak akan memainkan perannya para pakar tapi, apalah arti sebuah terminologi karena faktanya kita harus disiplin kesehatan, disiplin mengikuti semua protokol dan itu yang harus kita kerjakan. Apapun namanya itu tetap prinsipnya pada prinsip-prinsip prokes," tambahnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ketika diwawancarai awak media.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ketika diwawancarai awak media.

Photo :
  • ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Terakhir, ia mengucapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh jajaran yang senantiasa sudah mematuhi segala aturan PPKM, terutama dinas kesehatan dan aparat keamanan.

"Saya ingin mengapresiasi tenaga medis, di masa - masa sulit saat ini mereka bekerja all out menyelamatkan nyawa. Kedua, aparat kepolisian, Polda Metro Jaya, aparat TNI, khususnya dari kodam jaya, serta petugas dishub, satpol pp dan petugas pariwisata, semuanya yang bertugas di lapangan saya sampaikan apresiasi," tutur Anies.