Perusahaan Bir hingga Ban Bakal Jadi Sponsor Formula E, BUMN Belum Ada

Balap mobil Formula E
Sumber :
  • Mercedes

VIVA – Panitia penyelenggara ajang balap mobil listrik internasional Formula E mulai mengungkap beberapa sponsorship guna mendukung acara tersebut. 

Curhat Kementerian BUMN Punya Dana Melimpah Buat Genjot UMKM, Tapi Terbentur Aturan OJK 

Dikutip dari laman resmi https://www.fiaformulae.com/en/discover/partners, Kamis 26 Mei 2022, terdapat beberapa sponsor. Sponsor utama, global, teknis dan partner biasa. Salah satu sponsor utamanya yaitu ABB.

ABB merupakan perusahaan yang berkantor pusat di Zürich, Swiss. Perusahaan ini bergeral di bidang teknologi otomasi, robotik, daya, dan peralatan listrik berat.

Bantu Redam Dampak El Nino, ASDP Tebar 1.000 Sembako Gratis di Pelabuhan Bolok Kupang

Baca juga: Terkuak, Penyebab Tabrakan Maut Pajero dan Motor di MT Haryono

Selain itu, ada juga sponsor bidang teknis produk ban asal Prancis, seperti Michellin. Sponsor Bidang keuangan asal Inggris, yaitu Julius Bar. 

OJK Beberakan Data Masih Terbuka Ruang Pembiayaan UMKM 2024

Selanjutnya, beberapa perusahaan besar swasta besar seperti produsen bir, produsen anggur, penyedia jasa kurir dan jam tangan mewah juga turut hadir sebagai sponsor. 

"Perusahaan tersebut adalah Copper, Hugo Boss, Bosch, DHL, Moet&Chandon, enelxway, Allianz, Tag Heur, Antofagasta Minerals, Heineken, dan Saudia," dikutip dari lama resmi Formula E, Kamis 26 Mei 2022. 

Terakhir, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta PT Jakarta Propertindo (Jakpro) juga menjadi sponsor dan penyelenggara event Formula E Jakarta. Dalam daftar tersebut, masih belum ada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menjadi sponsor.

Sirkuit Formula E di Ancol

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Diberitakan sebelumnya, Ketua Panitia Organizing Committee (OC) Formula E Ahmad Saroni mengharapkan sponsor dari pihak Kementerian BUMN guna mendukung pergelaran ajang balapan mobil listrik Internasional yang akan diselenggarakan di kawasan Ancol pada 4 Juni mendatang. 

"Kita berharap karena ini kegiatan Internasional, saya dan panitia berharap BUMN berikan sponsor secara mutlak. Saya dan tim penyelenggara berharap banget BUMN jadi sponsor, BUMN kan banyak bank, pelat merahnya banyak, ada bank Mandiri, BNI, BRI, nah itu belum," kata Sahroni dalam konferensi pers di Ancol, Kamis 19 Mei 2022. 

Sementara itu, Sahroni juga beberkan salah satu sponsor yang Formula E tersebut, yaitu brand skincare Ms. Glow.

"Seperti yang kecil saya sebutin deh kayak MS. Glow aja udah, itu aja yang kecil aja," lanjutnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya