AKP DK Penuhi Panggilan Propam Atas Laporan Mertuanya

Aparat Propam Polda Jateng saat menggelar sidang disiplin. (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • www.bidpropampoldajateng.com

VIVA – Seorang perwira inisial Ajun Komisaris Polisi DK yang bertugas di Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya memenuhi panggilan untuk diperiksa Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam), Jumat, 27 Mei 2022. AKP DK diperilsa Propam terkait laporan mertuanya, Nurmila Sangadji.

Beda Sikap Ria Ricis dan Teuku Ryan Memperlakukan Orang Tua, Pantesan Susah Rujuk

"Bahwa AKP DK hari ini telah hadir ke Polda Metro Jaya memenuhi panggilan provost untuk dilakukan pemeriksaan," kata Kuasa hukum dari AKP DK, Nefton Alfares Kapitan kepada wartawan, Jumat 27 Mei 2022.

Dia mengklaim kliennya kooperatif dengan hadir pemeriksaan sebagai tindak lanjut. Dalam pemeriksaan, kliennya disebut datang dengan menyertakan bukti-bukti bahwa apa yang dituduhkan terhadapnya tidak benar.

Ditangkap Karena Narkoba, 5 Oknum Polisi Diperiksa Propam

"Antara lain rekaman CCTV, kwitansi-kwitansi pembelian barang-barang yang dicuri dan akta waris dan wasiat yang telah disahkan oleh Kemenkumham (Kementerian Hukum dan HAM)," katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan kliennya juga diadukan ke Propam Mabes Polri atas dugaan penyelahgunaan wewenang dan kriminalisasi. Laporan itu dilakukan pasca AKP DK melaporkan mertua dan adik iparnya ke Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya. 

Mayat Wanita 'Open BO' Ditemukan di Pulau Pari, Polisi Teliti Penyebabnya Lewat Cara Ini

Pun, menurut Nefton, kasus yang ditangani Subdirektorat Kejahatan dan Kekerasan Ditreskrimum Polda Metro Jaya masih dalam proses.

"Disamping itu juga bahwa pihak penyidik sedang mengupayakan penyelesaian perkara dengan mengedepankan restorative justice antara kedua belah pihak," kata dia lagi.

Perkara ini mencuat diawali AKP DK yang melaporkan adik ipar dan mertuanya ke Polda Metro Jaya dengan tuduhan dugaan mencuri. Namun, langkah AKP DK diredpons sang mertua dengan melaporkan balik menantunya tersebut ke Divisi Propam Mabes Polri.

Nurmila Sangadji selaku mertua dari AKP DK mendatangi Divisi Propam Polri bersama dengan anak, Claudia. Mereka ditemani kuasa hukumnya Jay Tambunan untuk mengadukan masalah yang menimpanya. 

"Klien kami dituduh sebagai pencurian pemberatan atau pencurian biasa. Padahal, klien saya sebagai ibu mertuanya atau Claudia sebagai adik ipar (dari AKP DK)," kata Jay dalam keterangannya, Rabu 25 Mei 2022. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya