Sahroni: Tidak Ada Logo Perusahaan Bir di Ajang Formula E Jakarta

Ahmad Sahroni
Sumber :
  • VIVA / Rahmat Fatahillah Ilham

VIVA – Ketua Panitia Pelaksana (Organizing Committee) Jakarta E-Prix 2022, Ahmad Sahroni menjelaskan terkait bir Heineken yang menjadi sponsor ajang balap mobil listrik Formula E. Sahroni berusaha menanggapi isu yang menjadi sorotan publik terkait dengan perusahaan bir asal Belanda tersebut. 

Sahroni Ungkap Perbincangan Surya Paloh dengan Jokowi saat Hadiri Pernikahan Anak Bamsoet

Sahroni menyebut bahwa Heineken bukan sponsor resmi Jakarta E-Prix, melainkan sponsor global FEO. Lalu, karena sifatnya yang merupakan sponsor global ini lah, Heineken hadir di berbagai seri balapan Formula E, termasuk di Arab Saudi.

"Perlu ditegaskan bahwa tidak ada penjualan bir dan logo perusahaan bir di ajang Jakarta E-Prix.  Selain itu perlu diketahui juga bahwa Heineken adalah sponsor global FEO, yang hadir dalam  seluruh seri balapan Formula E di berbagai kota, termasuk di Diriyah, Arab Saudi," kata Sahroni dalam keterangannya, Jumat 27 Mei 2022.

KPK: Sahroni Sudah Kembalikan Aliran Dana Rp 40 Juta dari SYL yang Mengalir ke Nasdem

Sirkuit Formula E

Photo :
  • VIVA / Wafa

Lanjut Wakil Ketua Komisi III DPR RI itu, FEO selaku pihak penyelenggara dan Heineken telah berkomitmen untuk menjunjung tinggi nilai-nilai masyarakat di negara atau kota yang menjadi host E-Prix.

KPK Cecar Ahmad Sahroni soal Pengembalian Uang Rp800 Juta dari SYL

"Pihak FEO, Heineken, dan perusahaan lainnya pun menjunjung tinggi budaya lokal dan nilai-nilai 
masyarakat negara yang menjadi tuan rumah gelaran Formula E. Jadi mereka akan menyesuaikan 
dengan kondisi di negara masing-masing. Ini adalah komitmen yang sudah ditegaskan sejak awal," ucap Sahroni.

Sahroni menjamin bahwa tidak ada logo maupun penjualan bir Heineken di sekitar sirkuit Formula E.

"Kami sudah bersepakat bahwa tidak akan ada logo Heineken di area sirkuit. Selain itu, tidak akan 
ada penggunaan campagne beralkhohol dalam acara penyerahan piala juara. Logo diganti dengan tagline berbunyi When you drive, never drink," tutur Sahroni.

Sebelumnya, Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) DPRD DKI Jakarta menyoroti bir Heineken yang jadi sponsor Formula E. Anggota DPRD DKI Fraksi PDIP, Gilbert Simanjuntak mengkritik komitmen dan janji politik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 

Gilbert menyinggung janji politik Anies yang pernah kampanye melepas saham Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI di perusahan bir.  

"Kenapa dipersoalkan, karena janji kampanye Gubernur menutup pabrik bir dan desakan pendukungnya. Jadi, kontradiktif kalau dana sponsor dari bir diterima kalau mengingat ucapan Gubernur," kata Gilbert dalam keterangannya, Jumat 27 Mei 2022.

Namun, ia mengatakan, perusahaan manapun bisa jadi sponsor Formula E. Hal ini termasuk perusahaan bir tersebut dengan syarat tidak bertentangan dengan ideologi dan undang- undang di Indonesia. "Siapa pun sponsor, kita tidak bedakan sepanjang tidak menentang ideologi dan UU," tutur Gilbert. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya