PA 212 Haramkan Perusahaan Bir Jadi Sponsor Formula E

Sirkuit Formula E Prix Jakarta
Sirkuit Formula E Prix Jakarta
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Wakil Sekretaris Jenderal Persaudaraan Alumni (PA) 212 Novel Bamukmin menanggapi soal sponsor bir Heineken pada perhelatan ajang balap mobil listrik Formula E

Novel menyampaikan rasa kecewanya terhadap Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Ia menyebut Pemprov memberi kesempatan perusahaan minuman keras untuk menjadi sponsor Formula E.

Menurutnya, dengan adanya sponsor minuman keras tersebut sama saja menyuruh umat islam untuk meminum bir. Hal tersebut merupakan perbuatan maksiat dan haram hukumnya.

"Dengan sponsor minuman keras secara internasional dan nasional sudah jelas sama saja untuk umat islam disuruh menenggak minuman keras. Sangat mencolok sekali ketimpangan ya dan jelas praktek haram tersebut tidak bisa ditolerir," kata Novel dalam keterangannya, Jumat 27 Mei 2022.

Novel juga menyampaikan penolakannya terhadap sponsor minuman keras tersebut. Mengingat Indonesia merupakan salah satu negara Islam terbesar di dunia. 

"Sangat memprihatinkan sekali negara umat islam terbesar didunia mempromosikan minuman jeras skala internasional. Jelas ini suatu kemungkaran yang akan mengundang murkanya Allah dan pasti jauh dari keberkahan," ucapnya.

Ia juga menyebutkan Indonesia tidak seharusnya menerima sponsor global atau event internasional dari produk - produk yang diharamkan oleh islam.