Hewan Ternak di Tangsel Diisolasi Setelah Terpapar PMK

Pemeriksaan PMK hewan ternak di Tangerang.
Sumber :
  • VIVA/ Sherly

VIVA – Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Tangerang Selatan, mencatat sekitar 13 hewan ternak jenis sapi di wilayahnya, ditemukan terpapar Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Galih Loss sudah Minta Maaf soal Video 'Serigala', Polisi beri Jawaban Menohok

Dengan begitu, maka belasan hewan yang berasal dari luar wilayah Kota Tangerang Selatan itu, langsung dilakukan penanganan dengan proses isolasi dan perawatan.

"Hewan-hewan itu menjalani isolasi dan perawatan agar lekas sembuh," kata Kepala Dinas DKP3 Tangerang Selatan, Yepi Suherman, Rabu 8 Juni 2022.

Heboh TikTokers Galih Loss Diduga Lecehkan Islam, Tim Siber Polri Langsung Turun Tangan

Bahkan, beberapa sapi yang suspek PMK itu, diantarannya telah berangsur membaik. Setelah menjalani isolasi dan pengobatan secara tradisional dan pemberian dosis vitamin.

"Beberapa diantaranya telah berangsur membaik, setelah diisolasi dan diberikan obat. Isolasi ini supaya tidak menular ke hewan lain," ujarnya.

2.000 Hewan Ternak Dilakukan Vaksinasi Antisipasi Wabah PMK Secara Gratis

Lanjut dia, dari hasil pemeriksaan lengkap dan tes laboratorium menyatakan sapi-sapi tersebut sebelumnya sudah pernah mengalami PMK dari daerah asalnya. Namun, pihaknya enggan membeberkan jumlah dan asal sapi itu.

"Ketika kita kontak ke Balai Besar Veteriner Subang dan UPTD pelayanan veteriner Banten, cek lokasi, ambil sampel, uji PCR dan juga elisa, hasilnya pernah positif dari asalnya. Dia punya kekebalan tubuh," ungkapnya.

Atas kasus itu, pihaknya meminta agar setiap lokasi penggemukan atau penjualan hewan ternak, untuk bisa melaporkan soal kedatangan atau pengiriman hewan tersebut. Agar, petugas dalam melakukan langkah dini bila ditemukan kasus PMK.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya