Polisi Sita Atribut yang Diduga Bendera HTI di Deklarasi Anies

Ilustrasi bendera Hizbut Tahrir Indonesia (HTI)
Sumber :
  • VIVA/Anhar Rizki Affandi

VIVA - Sejumlah bendera bertuliskan kalimat tauhid dalam acara deklarasi bertajuk 'Mendeklarasikan Anies Baswedan Sebagai Presiden RI 2024-2029' disita polisi. Aparat langsung ke lokasi pasca menerima informasi.

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

Massa reuni 212 mengibarkan bendera Palestina dan HTI.

Photo :
  • Viva.co.id/Muhammad Yudha Prasetya

Sudah Disita di Polres

Jubir Anies Sebut Pembubaran Timnas Amin Tak Jadi Digelar Hari Ini, Lalu Kapan?

"Kami kebetulan langsung di TKP (Tempat Kejadian Perkara) itu kami amankan benderanya. Saat ini sudah diamankan di Polres," kata Kapolres Metro Jakarta Selatan, Komisaris Besar Polisi Budhi Herdi Susianto, kepada wartawan, Kamis, 9 Juni 2022.

Periksa Saksi-saksi

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

Polisi pun sudah memeriksa beberapa saksi guna dimintai keterangan soal pemasangan bendera berkalimat tauhid itu. Namun, tidak dirinci jumlah saksinya. Dia cuma mengatakan kalau saksi yang diperiksa ada panitia acara dan sekuriti.

"Kami sudah mintai keterangan beberapa orang, proses masih berjalan," katanya.

Baca juga: M Taufik Sebut Dukungan Eks HTI ke Anies Palsu, Ada yang Janggal

Acara Deklarasi Punya Izin

Budhi mengatakan, acara deklarasi Anies di Hotel Bidara, Jakarta Selatan, itu punya izin. Acara yang dihelat Majelis Sang Presiden itu diketahui diikuti oleh mantan anggota Hizbut Tahrir Indonesia, Front Pembela Islam, dan mantan napi terorisme. Budhi masih belum mau berkomentar terkait hal ini.

"Setahu saya memang sudah ada izin keramaiannya. Nanti kami lihat ke depan saja. Sekarang ini masih fokus melakukan pendalaman dulu," katanya lagi.

Terjadi Ketegangan

Sebelumnya diberitakan, ketegangan sempat terjadi pada acara deklarasi bertajuk 'Mendeklarasikan Anies Baswedan Sebagai Presiden RI 2024-2029'.

Acara digelar oleh kelompok Majelis Sang Presiden di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu, 8 Juni 2022, pagi tadi.

Usut punya usut, hal tersebut dipicu adanya pengibaran empat bendera yang diduga atribut HTI di atas panggung acara. Terkait hal ini, polisi mengaku akan menyelidikinya.

"Sedang kami selidiki," kata Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Jakarta Selatan, Ajun Komisaris Besar Polisi Ridwan Soplanit, kepada wartawan, Rabu, 8 Juni 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya