Roy Suryo Resmi Dipolisikan Buntut Stupa Mirip Jokowi

Roy Suryo Laporkan Menag Yaqut Soal Adzan ke Polda Metro
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo, dipolisikan terkait meme Candi Borobudur yang dianggap telah melecehkan umat Budha.

Ritual Mistis Junta Myanmar Tak Mempan! Rathedaung Jatuh ke Tangan Sekelompok Bersenjata Etnis

Laporan diterima di Polda Metro Jaya dengan nomor LP/B/3042/VI/2022/SPKT/Polda Metro Jaya. Roy Suryo dilaporkan atas Pasal 156 A, 28 A ayat 2 dan Pasal 45 Ayat 2 UU ITE. Dimana laporan ditangani Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya.

"Jadi hari ini kami mewakili umat Budha melaporkan terkait dugaan tindak pidana UU ITE terkait masalah simbol agama. Terlapor ini telah mengunggah satu unggahan Candi Borobudur," ucap pelapor, Herna Sutana, di Markas Polda Metro Jaya, Senin 20 Juni 2022. 

Chattra Penting Dipasang karena Dinilai Sebagai Salah Satu Ikon Candi Borobudur

Dia menilai apa yang dilakukan Roy dianggap melecehkan umat Budha, sebab unggahan meme Candi Borobudur yang disebar lewat media sosialnya bukan gambar stupa semata. Dia merasa tindakan Roy jadi pemicu meme itu viral di masyarakat. Menurutnya, secara aturan tindakan Roy menyebar unggahan itu tetap bisa dijerat dengan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik. Selain itu, dirinya pun menilai ada kalimat yang ditulis Roy dan dianggap telah melecehkan umat Budha. 

"Ada kata-kata yang sangat menyinggung kami sebagai Umat Budha, kata-kata yang dicantumkan terlapor adalah mengubah ikonik Borobudur. Kalimat yang dia tambahkan adalah 'lucu, hehehe, ambyar'. Itu bahasa yang betul-betul melecehkan," kata Hernam

BRIN Diminta Koordinasi dengan Kemendikbud soal Pemasangan Catra Borobudur

"Kami juga luruskan bahwa yang diedit di situ bukan stupa tapi patung sang Budha dan itu adalah simbol agama yang sangat sakral buat agama kami," ucapnya menyudahi.

Pegiat media sosial sekaligus mantan politikus Demokrat, Roy Suryo jadi sorotan karena ikut mengunggah foto editan meme stupa mirip wajah Jokowi. Unggahan itu disampaikan Roy Suryo melalui akun Twitternya @KRMTRoySuryo2. 

Menurutnya, foto stupa mirip wajah Jokowi itu sebagai bentuk protes dari masyarakat terkait rencana kenaikan harga tiket masuk ke Candi Borobudur. Dalam unggahannya itu, mantan Anggota Komisi I DPR itu menyertakan dua foto meme stupa editan.

"Sejalan dengan protes rencana kenaikan harga tiket Candi Borobudur dari 50 ribu naik menjadi 750 ribu (yang sudah sewarasnya) ditunda itu, banyak kreativitas dari masyarakat. Salah satunya stupa terbuka yang ikonik di Borobudur itu. Lucu hehehe, AMBYAR," kata Roy Suryo seperti dikutip dari akun Twitternya, Selasa, 14 Juni 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya