Sempat Ditutup karena Pandemi, Kini Fasilitas Apartemen Dibuka Kembali

Aktivitas di Apartemen mulai kembali pulih
Aktivitas di Apartemen mulai kembali pulih
Sumber :
  • VIVA/Foe Peace

VIVA – Menyusul Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat level 1 yang diterapkan di Jakarta Sejak 7 Juni hingga 14 Juli 2022, sejumlah fasilitas apartemen di Ibu Kota kini bisa dinikmati. Masyarakat kini bisa olahraga dan aktivitas kembali di lingkungan apartemennya masing-masing. 

Penerapan mengacu Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 29 Tahun 2022 tentang PPKM Level 1 COVID-19 di Wilayah Jawa dan Bali. Semisal di Kalibata City, apartemen yang dikelola Inner City Management (ICM) tersebut telah mengizinkan aktivitas di beberapa fasilitas. Berkaca dari dua aturan tersebut, Direktur Operasional ICM, Krisdiarto Adipranoto mengatakan bila situasi pandemi COVID-19 sudah membaik, masyarakat bisa hidup berdampingan dengan COVID-19.

“Kami mendukung agar penghuni dapat kembali produktif dan melakukan berbagai aktivitas sosial kemasyarakatan,” ujar dia kepada wartawan, Senin 20 Juni 2022.

Namun, kata dia tentunya semua kegiatan di sana harus mengedepankan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah guna mencegah penyebaran virus dan semua merasa aman dan nyaman saat beraktivitas. Dalam aturan Mendagri dijelaskan kalau pemerintah mengizinkan kapasitas publik menjadi 100 persen asal mematuhi prokes, telah menjalani vaksinasi minimal dosis pertama bagi anak usia 6-12 tahun, dan menggunakan masker saat berada di area padat dan tertutup.

Krisdiarto melihat aktivitas akan meningkatkan kualitas pelayanan kepada penghuni. Salah satunya dengan senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dan melakukan pemeliharaan fasilitas penunjang aktivitas penghuni, sehingga tercipta lingkungan apartemen yang sehat, aman dan nyaman. Dia menyebut saat ini, ICM mengelola sekitar 40 site apartemen atau residensial di Ibu Kota dan kota besar lain di Tanah Air. 

Ragam kegiatan komunitas penghuni yang ada di apartemen pun kembali diaktifkan setelah sempat tertunda selama masa pandemi. General Manager Apartemen Kalibata City, Martiza Melati menambahkan, kegiatan senam zumba yang dilakukan pihaknya jadi kegiatan rutin mingguan yang kembali dilaksanakan mulai awal Juni lalu. Hal ini sebagai sarana bersosialisasi para penghuni dan jadi salah satu upaya agar tubuh tetap fit dan sehat di masa pandemi COVID-19.

Selain kegiatan senam, lanjut Martiza, Apartemen Kalibata City turut membuka fasilitas lain seperti lapangan bola basket, tenis, bola voli, ping-pong, dan kolam renang dengan protokol kesehatan dan kapasitas sesuai level PPKM. Adapun pengelola juga baru saja meresmikan fasilitas outdoor gym sebagai resolusi di masa pandemi.