Jawab Kapolda Metro, Sahroni: Sirkuit Formula E Bukan Buat Motor

Ketua Pelaksana Formula E Jakarta, Ahmad Sahroni.
Ketua Pelaksana Formula E Jakarta, Ahmad Sahroni.
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito

VIVA – Ketua Pelaksana Formula E Ahmad Sahroni mengapresiasi langkah dari Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran yang berencana akan menggunakan Sirkuit Formula E di kawasan Jakarta Utara untuk balapan kendaraan roda dua. 

"Tapi ini ada regulasir dari homologasi FIA, ada grade 3, yang memang itu sirkuit untuk kendaraan roda empat. Jadi, kita tidak berlakukan roda dua untuk sirkuit tersebut. Jadi ini untuk mobil," kata Ahmad Sahroni di Bala Kota DKI Jakarta, Jumat malam, 24 Juni 2022. 

Ia menuturkan, untuk pelaksanaan balap mobil mungkin akan direalisasikan, nanti ada kegiatan dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI). Belum disebutkan secara pastinya kapan balapan mobil itu dilakukan. 

Balap Formula E Jakarta

Balap Formula E Jakarta

Photo :
  • Dok: FIA Formula E

Yang pasti, lanjut Sahroni, bahwa Sirkuit E Formula E itu tidak diperuntukan untuk balapan kendaraan roda dua. 

"Tapi untuk roda dua kemungkinan tidak kita berikan fasilitasnya, karena sudah ada penilaian dari FIA bahwa sirkuit itu hanya untuk kendaraan roda empat," ujarnya. 

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran berencana akan memi jam Sirkuot Formula E di Jakarta Utara untuk kegiatan street race bagi para pembalap liar.