Bantah Bedakan Kasus Roy Suryo dengan Holywings, Begini Kata Polisi

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan
Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Polisi angkat bicara soal anggapan membedakan penanganan kasus dugaan penistaan agama dengan terlapor eks Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo serta yang menyeret Holywings. Polda Metro Jaya mengklaim menangani keduanya dengan profesional. 

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Endra Zulpan mengaku pihaknya sudah sesuai prosedur dalam kedua kasus ini. Pihak yang terlibat dan saksi ahli sudah dilibatkan sebelum polisi mencari tersangka. 

"Karena kami harus memeriksa pelapor yang dilakukan penyidik. Kemudian kita periksa para ahli bahasa apakah ini masuk unsur bahasanya ini termasuk pelecehan penistaan agama, masuk enggak dalam UU ITE. Setelah itu baru kami naikkan ke tahap penyidikan," kata Zulpan di Markas Polda Metro Jaya, Senin 27 Juni 2022.

Dia menekankan tak ada yang berbeda dalam penanganan kasus penistaan agama dengan terlapor Roy Suryo dan Holywings. Zulpan minta bersabar.

Penetapan Tersangka Kasus Promo Holywings

Penetapan Tersangka Kasus Promo Holywings

Photo :
  • VIVA/ Andrew Tito

Menurutnya, kika memang ada perkembangan pasti akan dibeberkan. Dengan demikian, polisi menampik lambat menangani kasus dengan terlapor Roy Suryo. "Semuanya ada proses. Semuanya direspons kepolisian dengan baik," ujar dia lagi.

Sebelumnya, perkara yang menjerat Roy Suryo karena ikut mengunggah meme stupa Borobudur mirip Presiden Jokowi di media sosial. Pakar telematika itu ikut mengunggah meme tersebut karena tujuannya untuk mengkritik kenaikan harga tiket Candi Borobudur.