Pelapor Roy Suryo Diperiksa Polisi soal Meme Stupa Jokowi

Pelapor Roy Surya diperiksa Polda Metro Jaya
Sumber :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

VIVA – Pihak perwakilan umat Budha Nusantara, Kurniawan Santoso kembali mendatangi Direktorat Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Metro Jaya dengan kuasa hukumnya yaitu Herna Sutana pada Selasa 28 Juni 2022. 

Pelapor Pendeta Gilbert soal Penistaan Agama Diperiksa Polisi, Ngaku Ngasih Ini ke Penyidik

Pelapor menjalani pemeriksaan terkait pelaporannya kepada Roy Suryo soal meme stupa candi Borobudur yang diedit seperti wajah presiden Jokowi.

Berdasarkan pantauan VIVA, Kurniawan Santoso tiba di Gedung Dirkrimum Polda Metro Jaya pukul 11.30 WIB bersama kuasa hukumnya Herna Sutana. 

Habiskan Anggaran Hampir Rp1 Triliun, Apa Saja Fasilitas yang Dimiliki IDTH Kemenkominfo

Herna menjelaskan maksud kedatangannya yaitu untuk memberikan keterangan terkait kasus yang dilaporkannya. Dalam kesempatan itu Herna membawa satu orang saksi bernama Eddy.

"Kita agendanya pemeriksaan pelapor dan juga saksi. Jadi kita akan kasih keterangan terkait masalah laporan dari perwakilan umat Budha Nusantara," kata Herna kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Selasa 28 Juni 2022.

Bey Machmudin Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Indonesia Digital Test House

Selain itu, Herna juga membawa sejumlah barang bukti tambahan yang akan diserahkan ke penyidik dalam pemeriksaan tersebut. Namun, dia enggan merincikan lebih lanjut tentang barang bukti apa yang dibawanya. 

"Kita akan menyajikan bukti-bukti yang kita punya yang kita dapat yang kita ketahui itu aja. Ada beberapa bukti tambahan yang kita juga sudah kumpulkan lebih lengkap lagi semua dalam bentuk hardcopy dan bentuk softcopy itu aja," ucap Herna.

Sebelumnya diberitakan, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan sebelumnya mengatakan, saksi pelapor Roy Suryo dijadwalkan bakal diperiksa kemarin, Senin 27 Juni 2022. Namun mereka meminta penjadwalan ulang sehingga pemeriksaan baru berlangsung hari ini.

Adapun perkara yang menjerat Roy Suryo yaitu mengunggah meme stupa Borobudur mirip Presiden Jokowi di media sosial. Pakar telematika itu ikut mengunggah meme tersebut karena tujuannya untuk mengkritik kenaikan harga tiket Candi Borobudur. 

Meski demikian, Roy telah melaporkan 3 akun yang diduga menggunggah meme tersebut. Dia juga sudah meminta maaf atas unggahan meme tersebut.  

Tapi, imbas tindakannya, Roy dilaporkan ke kantor polisi. Sedangkan Roy sendiri juga sudah melaporkan pembuat meme tersebut ke Polda Metro Jaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya