Pelecehan Seks di Ponpes Depok, 3 Ustaz Dilaporkan ke Polda Metro

Megawati, kuasa hukum korban pelecehan seksual di Ponpes Yatim Riyadul Jannah
Megawati, kuasa hukum korban pelecehan seksual di Ponpes Yatim Riyadul Jannah
Sumber :
  • VIVA/Yeni Lestari

VIVA – Aksi pelecehan seksual disebutkan terjadi di Pondok Pesantren Istana Yatim Riyadul Jannah, Depok, Jawa Barat. Sebanyak tiga orang korban yang merupakan anak di bawah umur melaporkan pelecehan itu ke Polda Metro Jaya. 

Kuasa hukum tiga korban, Megawati menerangkan, pelaku berjumlah lima orang. Empat di antaranya merupakan ustaz yang mengajar di Pondok Pesantren (Ponpes) Yatim Riyadul Jannah.

"Pelakunya ada lima orang dari ponpes itu, pondok pesantren daerah Beji Timur, Depok. Pelakunya 4 ustaz, satu kakak kelas mereka yang di bawah umur," ujar Megawati di Polda Metro Jaya, Jakarta pada Rabu, 29 Juni 2022.

Megawati melanjutkan bahwa aksi pelecehan seks ini baru diketahuinya satu pekan lalu setelah salah seorang wali murid korban melaporkan adanya tindakan pencabulan. 

Kemudian dia mengumpulkan tiga orang yang disebut mengalami pelecehan seksual. Dilakukan wawancara kepada ketiga korban hingga ditemukannya unsur pelecehan seksual meskipun belum dilakukan visum.

"Maka dari itu saya akhirnya merapat ke Polda Metro Jaya untuk membuat laporan dan saya minta ini ditindak lanjuti. Korban sudah dilakukan visum tapi belum keluar hasilnya. Namun, menurut kami, anak itu sudah cidera dari dalam (vagina) ada luka," ujar dia.

Lebih jauh Megawati juga menyebut bahwa para korban yang masih di bawah umur ini juga diancam oleh pihak pondok pesantren apabila melaporkan tindakan pencabulan tersebut.