7 Tahun Kasus Kematian Akseyna Belum Terungkap, Polisi Bilang Begini

Petugas kepolisian saat menyelidiki danau yang menjadi lokasi ditemukannya mayat Akseyna, mahasiswa UI pada tahun 2015
Sumber :

VIVA – Polisi mengklaim kalau kasus tewasnya Akseyna Ahad Dori alias Ace, salah satu mahasiswa Fakultas MIPA UI, masih terus diselidiki hingga saat ini. Sudah tujuh tahun pembunuhnya belum terkuak.

Kondisi Mayat Perempuan Dalam Koper di Cikarang Bekasi: Kepala Remuk Bibir Pecah

"Kami tetap bekerja ya. Kan kasus ini ada kadaluwarsanya, ini kan kadaluarsanya belum berlaku," ucap Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Endra Zulpan kepada wartawan, Jumat 1 Juli 2022.

Kata dia, kasus tetap berjalan walaupun pejabat dan petinggi di Polda Metro Jaya sudah beberapa kali ganti. Meski begitu, Polda Metro Jaya mengaku belum ada temuan baru berarti dalam kasus ini. Mantan Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan itu menambahkan, penyidik sampai saat ini belum mendapatkan informasi tambahan yang signifikan.

Siswa SMKN di Nias Selatan Tewas Diduga Aniaya, Kepala Sekolah Jadi Tersangka

"Penyidik masih bekerja. Walau berganti pejabat di ditrektorat reserse ini, tetapi tetap ini berlanjut dikerjakan. Tetapi perkembangannya belum bisa saya sampaikan lebih lanjut. Perkembangannya belum bisa saya sampaikan lebih lanjut karena belum temuan yang signifikan yang bisa saya sampaikan ke media. Nanti kami akan jadwalkan setelah penyidik mendapatkan hal-hal baru kami akan update," kata Zulpan.

Ace ditemukan tewas dengan kondisi mengambang di Danau Kenanga UI, pada Kamis pagi, 26 Maret 2015, lalu. Dari hasil penyelidikan dan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) polisi mendapati sejumlah kejanggalan.

Terkuak, Identitas Mayat Dalam Koper Hitam di Cikarang Bekasi

Di antaranya, terdapat sejumlah batu di dalam tas gemblok yang dikenakan Ace saat ditemukan tak bernyawa. Kemudian surat yang diduga ditulis oleh dua karakter berbeda di kamar indekos Ace di wilayah Beji, Depok.

Selain itu, polisi mendapati ada beberapa luka lebam, dan tanda bekas seretan di bagian sepatu Ace.

Tak hanya itu saja, pada paru-paru ditemukan cairan yang menandakan jika korban masih dalam keadaan bernafas di danau tersebut sebelum akhirnya ditemukan terbujur kaku.

Dengan sederet temuan itu, spekulasi yang awalnya mengarah pada dugaan bunuh diri pun akhirnya terbantahkan.

Polisi menyimpulkan, jika mahasiswa MIPA jurusan Biologi itu adalah korban pembunuhan. Namun sayangnya, kasus itu sampai sekarang belum juga menemukan titik terang.

Baca juga: Aksi BEM UI Minta Kejelasan Kasus Akseyna yang 7 Tahun Tak Terungkap

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya