Pasar Gembrong Bakal Punya Sebutan Baru yang Lebih 'Gembira'

Gubernur DKI Anies Baswedan saat meninjau lokasi kebakaran di Pasar Gembrong.
Gubernur DKI Anies Baswedan saat meninjau lokasi kebakaran di Pasar Gembrong.
Sumber :
  • ANTARA/Yogi Rachman

VIVA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan melakukan revitalisasi pasca dua bulan kebakaran yang melanda kampung gembrong, Jatinegara, Jakarta Timur. Kampung gembrong sendiri dulu dikenal sebagai kawasan pasar gembrong yang menjadi pusat penjualan mainan anak-anak.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bersama Baznas Bazis DKI melakukan proses peletakan batu pertama (groundbreaking) di kawasan kampung gembrong pada Jumat 1 Juli 2022.

"Bapak ibu sekalian yang saya hormati, kawasan yang luasnya 1200 meter ini akan dikerjakan sama - sama sama ya," kata Anies dalam keterangannya saat proses peletakan batu pertama, Jumat 1 Juli, 2022.

Pemprov DKI Jakarta juga akan membangun konsep pada kawasan kampung gembrong tersebut. Konsep yang akan dibangun yaitu bernuansa sungai. Nantinya masyarakat yang tinggal di kampung gembrong yang baru itu diharapkan menjaga kelestariannya.

"Kami berharap, konsep yang dibangun disini nantinya adalah konsep menghadap sungai, sungainya jangan dibelakangi, sungainya harus dijadikan sebagai halaman depan, tempat kita tinggal bersama. Harus dijaga kelestariannya," ucap Anies. 

Selain konsep baru, Anies mengatakan kampung ini akan berubah nama setelah di revitalisasi menjadi 'Kampung Gembira Gembrong'.

"Kampung Gembrong ini rencananya dinamai Kampung Gembira Gembrong. Ada 136 unit yang nanti akan dibangun di atas lahan 1.200 m², yang menelan biaya 7,8 miliar," tambah Anies.