Tugu Monas Resmi Dibuka untuk Umum, Ini 5 Spot Menarik Dikunjungi

Salah satu pintu masuk ke dalam Tugu Monas
Salah satu pintu masuk ke dalam Tugu Monas
Sumber :
  • Instagram @monumen.nasional

VIVA – Tempat wisata dan museum bersejarah nasional yakni kawasan dan Tugu Monas resmi dibuka kembali untuk umum pada Jumat 1 Juli 2022. Melalui Instagram resmi Pemkot Administrasi Jakarta Barat menyampaikan bahwa dalam Tugu Monas ada lima tempat yang nantinya bisa dikunjungi oleh umum.

Di Monas terdapat 5 tempat yang dapat kalian kunjungi loh seperti Relief Sejarah Indonesia, Museum Sejarah Nasional, Pelataran Cawan Monas, Ruang Kemerdekaan, dan Pelataran Puncak Monas, di mana bisa melihat seluruh pemandangan kota Jakarta,” tulis akun @kotajakartapusat.

Untuk kawasan Monas, mulai dibuka pukul 06.00 – 16.00 WIB. Sementara loket Tugu Monas dibuka mulai 08.00 – 15.00 WIB.

Menurut pantauan VIVA, pada Sabtu 2 Juli 2022, masyarakat menyambut antusias pembukaan monumen nasional tersebut. Dalam foto di akun Instagram resmi Monas juga memperlihatkan para wisatawan yang berkunjung tengah memadati pintu masuk Tugu Monas.

Sebelum mengunjungi Tugu Monas, bagi pengunjung yang ingin mengunjungi tempat wisata populer di Jakarta itu juga bisa melakukan pendaftaran secara online pada H-1 sebelum berkunjung dan dan bisa juga dilakukan pendaftaran pada hari H melalui bit.ly/kunjungantugumonas. Hal ini dilakukan untuk mengurangi antrian dan tetap mematuhi protokol Kesehatan yang ada.

Sebelumnya, Monas sudah ditutup sejak pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia pada awal 2020 lalu. Selama dua tahun terakhir, kawasan museum nasional bersejarah itu ditutup untuk umum dan masyarakat hanya bisa menikmati ikon ibu kota tersebut dari luar pagar pembatas kawasan Monas.

Adapun rencana pembukaan kembali kawasan wisata itu, tidak terlepas dari status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang berada di level 1 yang kini berlaku di ibu kota DKI Jakarta.