Status PPKM Jakarta dan Bodetabek Berubah Lagi Jadi Level 1

Petugas bagikan masker sebagai antisipasi infeksi virus corona di Jakarta.
Petugas bagikan masker sebagai antisipasi infeksi virus corona di Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

VIVA Metro Kementerian Dalam Negeri kembali memperbarui status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di wilayah Jawa dan Bali. Berdasarkan aturan terbaru, pemerintah menetapkan wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya kembali masuk level 1 mulai Rabu, 6 Juli 2022.

Perubahan status level PPKM di Jakarta dan sekitarnya hanya berselang sehari, setelah pada hari kemarin yakni Selasa, 5 Juli 2022, Jakarta dan daerah sekitarnya masuk level 2.

Aturan terbaru ini tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 35 tahun 2022 yang ditandatangani Mendagri Tito Karnavian pada Selasa, 5 Juli 2022.

Perubahan status PPKM Level 1 ini berlaku di 6 kota/kabupaten di Provinsi DKI Jakarta, yakni Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Kota Administrasi Jakarta Barat, Kota Administrasi Jakarta Timur, Kota Administrasi Jakarta Selatan, Kota Administrasi Jakarta Utara, dan Kota Administrasi Jakarta Pusat.

Kemudian di wilayah sekitaran Jakarta juga diberlakukan PPKM level 1, seperti Kota Bogor , Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bekasi (Bodetabek).

Mendagri Tito Karnavian

Mendagri Tito Karnavian

Photo :
  • Istimewa

Sebelumnya, pemberlakukan PPKM level 2 Jakarta dan sekitarnya yang diatur dalam Inmendagri Nomor 33 tahun 2022 yang diterbitkan pada Senin, 4 Juli 2022, dinyatakan sudah tidak berlaku.