Fakta Sapi Kurban Anies No 024

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan serahkan satu ekor sapi di JIS.
Sumber :
  • VIVA/ Yeni Lestari.

VIVA Metro – Umat muslim seluruh dunia baru saja melaksanakan hari raya Idul Adha atau hari raya kurban, yang jatuh pada 1443 H pada 10 Dzulhijjah atau 10 Juli 2022. Begitu juga di Indonesia, masyarakat yang mampu akan berkurban sapi atau kambing dan nantinya daging akan dibagikan kepada yang membutuhkan. Selalu ada hal unik pada momen kurban di Indonesia, kali ini datang dari sapi milik Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

8 Waktu yang Diharamkan untuk Berpuasa Menurut Ajaran Islam

Sapi tersebut memiliki berat 1,2 ton berjenis limosin dan menyerahkannya di Jakarta International Stadium (JIS) usai melaksanakan sholat Idul Adha pada Minggu, 10 Juli 2022. Anies memberikan seekor sapi tersebut melalui prosesi serah terima di pintu barat JIS yang dihadiri oleh panitia kurban dan banyak warga.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan serahkan satu ekor sapi di JIS.

Photo :
  • VIVA/ Yeni Lestari.
Didukung Lebih dari 30 Negara, Idul Fitri-Idul Adha Kini Diakui UNESCO sebagai Hari Besar Keagamaan

"Izinkan dalam kesempatan lagi hari ini kami menyerahkan hewan kurban seekor sapi seberat 1,2 ton yang sudah diperiksa oleh Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Peternakan, dan dinyatakan sehat," kata Anies.

Bukan berat atau keberadaan sapi yang jadi perhatian publik, melainkan nomor 024 yang terlihat di badan sapi tersebut. Banyak yang beranggapan bahwa nomor tersebut seperti menandakan 2024, yang mana pemilu akan terjadi di tahun itu. Ketika ditanya awak media, Anies enggan menjawab mengenai hal tersebut. "Sudah cukup, terima kasih," ujar Anies sambil tersenyum dan berlalu. 

Jelang Idul Fitri, Pemkab Purwakarta Siapkan Vaksin untuk Atasi Wabah PMK

Meski begitu, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria berkata bahwa itu hanya kebetulan dan untuk diberikan pada yang berhak. "Ah nggak pake nomor - nomor. Sapi itu sama untuk kepentingan yang berhak, masa pakai nomor - nomor," imbuh Riza. 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Saat Shalat Id di Stadion JIS

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Ia juga berkata bahwa penomoran sapi milik Anies tidak ada berkaitan dengan pemilihan presiden (Pilpres) pada 2024 mendatang. "Nggak ada hubungannya (dengan Pilpres)," ungkap Riza.

Saat diserahkan pada panitia kuran, sapi besar tersebut disaksikan oleh ratusan orang. Diungkapkan Anies juga berkurban sapi di kediamannya di Lebak Bulus, Jakarta Selatan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya