Irjen Fadil-Ahmad Sahroni Saling Sindir Gegara Sirkuit Formula E

Kapolda Metro Jaya irjen Pol Fadil Imran.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA Metro – Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Fadil Imran mncurahkan perasaanya yang dilarang gunakan sirkuit Formula E untuk ajang street race. Penolakan itu dikeluarkan oleh Ketua Pelaksana Formula E yang juga Wakil Ketua Komisi 3 DPR RI Ahmad Sahroni.

Komjen Fadil Pimpin Pengamanan Ajang World Water Forum di Bali, 5.791 Polisi Dikerahkan

Dalam acara penyaluran 11 ton rendang di Polda Metro Jaya, 10 Juli 2022, Fadil Imran mengemukakan hal tersebut di depan anak buahnya dan tamu undangan.

Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Fadil Imran

Photo :
  • Instagram @Kapoldametrojaya
Irjen Karyoto Larang Anggotanya yang Kawal Demo di MK Bawa Senpi hingga Sangkur

Begini omongan lengkap Fadil soal larangan pakai sirkuit Formula E untuk street race:

Jadi, kalau saya mau meminjam apa itu namanya, yang kurang terkenal karena enggak dipakai street race? Sirkuit Ancol (sirkuit Formula E), kalau saya ini bukan soal balap-balapannya. Tapi saya sebenarnya ingin mengembangkan ekosistem di situ.

Sahroni Ungkap Perbincangan Surya Paloh dengan Jokowi saat Hadiri Pernikahan Anak Bamsoet

Balapan itu bukan untuk menyalurkan mereka yang hobi kecepatan, tapi dalam ekosistemnya, itu ada pembalap, ada mekanik, ada UMKM, ada juga pentas seni di situ dan itu sudah saya uji cobakanJadi sebenarnya bagi Ancol kalau dia izinkan street race itu, dia sebenarnya bisa untung. Tapi itu kalau dilihat secara ekosistem. Kalau yang berpikiran sempit, melihatnya hanya balapan, itu tidak akan sampai ke sana barangkali.

Rencana saya Pak menteri (Sandiaga Uno), nanti street race, kemudian olahraga-olahraga yang sekarang sedang digandrungi masyarakat sekarang seperti tinju, nanti di situ dikelilingi oleh UMKM, malamnya ada pentas musik, supaya budayawan, UMKM, pembalap, petinju dan hobi-hobi lain yang kemudian yang bisa membuat merchandise, kaus dan sebagainya bisa kita kembangkan di situ.

Sementara, begini komentar lengkap Sahroni tentang usulan Irjen Fadil yang pinjam sirkuit Formula E:

Politikus Nasdem, Ahmad Sahroni.

Photo :
  • VIVA/Andrew Tito

Ini ada regulasir dari homologasi FIA, ada grade 3, yang memang itu sirkuit untuk kendaraan roda empat. Jadi, kita tidak berlakukan roda dua untuk sirkuit tersebut. Jadi ini untuk mobil.

Tapi untuk roda dua kemungkinan tidak kita berikan fasilitasnya, karena sudah ada penilaian dari FIA bahwa sirkuit itu hanya untuk kendaraan roda empat.

Mengenal Street Race

Street Race atau ajang balap liar resmi yang diselenggarakan Ditlantas Polda Metrio Jaya pertama kali digelar di kawasan Ancol Jakarta Utara akan dibuka pada Minggu 16 Januari 2022.

Ada 350 pendaftar yang ikut ajang balap resmi tersebut. Balap jalanan ini kemudian digelar di beberapa daerah, di BSD dan Meikarta.

Melalui ajang street race ini, diharapkan bisa menjadi wadah untuk para pembalap menyalurkan hobi dan bakatnya di dunia balap. Sehingga tidak ada lagi balapan liar di jalanan di Jakarta yang meresahkan masyarakat.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya