Polda Metro Jaya dan Bawaslu Siapkan Antisipasi Awal Pemilu 2024

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran (tengah).
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Yeni Lestari

VIVA Metro – Rapat koordinasi (rakor) dilakukan Polda Metro Jaya bersama Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu DKI Jakarta dan Kejaksaan Tinggi. Ini dilakukan sebagai langkah awal dalam persiapan Pemilu 2024. Terutama bagaimana terkait pengamanan persiapan untuk agenda demokrasi lima tahunan tersebut.

KPU Jawa Barat Batal Rekapitulasi Nasional Hasil Pemilu 2024 dan Diundur Selasa

"Ini rapat koordinasi lebih tepatnya konsolidasi awal antara komponen yang menjadi unsur dalam penegakan hukum terpadu pelanggaran Pemilu 2024," ucap Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Fadil Imran, Kamis 14 Juli 2022.

Dirinya mengatakan, persiapan lebih dini diharapkan bisa menghadirkan pemilu berkualitas. Fadil mengungkap, belum ada isu strategis dibahas dalam rakor yang digelar, Rabu 13 Juli 2022. Pembahasan masih soal konsolidasi antar sesama instansi terkait. 

Prabowo-Gibran Disahkan KPU Unggul di Papua Barat Daya

"Ini bertujuan untuk menginventarisir, mengidentifikasi sejak dini hal-hal yang perlu dipersiapkan mulai dari personel, latihan, kemudian material dan logistik yang diperlukan agar penyelenggaraan tahapan pemilu ini bisa berjalan dengan kualitas yang semaksimal mungkin. Saya kira ini rekan-rekan tidak ada isu-isu yang krusial lebih kepada early warning supaya kami lebih siap dalam mengawal pemilu yang lebih berkualitas," jelas dia.

Seperti diketahui, pemerintah bersama DPR telah menetapkan pelaksanaan Pemilu 2024 yakni pada 14 Februari 2024. Pada pemilu kali ini, pileg dan pilpres akan digelar secara serentak.

KPU Pastikan Belum Umumkan Hasil Pemilu 2024 Malam Hari Ini

Masih di tahun yang sama, 2024, juga akan digelar sejumlah pilkada serentak. Termasuk di DKI Jakarta yang akan melaksanakan pilkada pada tahun 2024 tersebut.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari

KPU Sudah Sahkan Rekapitulasi Pemilu 2024 di 34 Provinsi, Prabowo-Gibran Unggul di 32 Provinsi

Hingga Selasa, 19 Maret 2024, KPU telah mensahkan hasil rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024, di 34 provinsi. Masih ada 4 provinsi lagi yang akan dituntaskan hari ini.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024