Terkuak Sosok Pembawa Jenazah Brigadir J dari Rumah Irjen Ferdy Sambo

Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri Irjen Pol Ferdy Sambo
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Metro – Peristiwa baku tembak antara Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat dengan Bharada RE (E) di rumah Kepala Divisi Propam Polri, Irjen Ferdy Sambo masih jadi sorotan publik. Termasuk, mobil Ambulans yang membawa jasad Brigadir J pasca tewas kena tembakan pada Jumat, 8 Juli 2022.

Pernah Anulir Vonis Mati Sambo, Kabar Majunya Suharto jadi Wakil Ketua MA Dikritisi

Ketua RT 05/01 Kompleks Polri, Duren Tiga atau kompleks rumah Sambo, Seno Sukarto sempat mempertanyakan mengenai ada atau tidaknya mobil Ambulans untuk mengangkut jenazah Brigadir J. Menurut dia, warga sekitar maupun satpam menyebut tidak melihat adanya mobil Ambulans saat itu.

"Enggak tahu (proses dibawa jenazah Brigadir J). Ambulans ke sini juga ya enggak nangkep (tahu). Saya enggak tahu diangkut pakai apa," ujar Seno pada Rabu, 13 Juli 2022.

Tersangka Penembakan di Bandara Kuala Lumpur Coba Kabur dari Malaysia dengan Identitas Palsu

Ketua RT Rumah Dinas Irjen Ferdy Sambo

Photo :
  • VIVA / Yeni Lestari

Tapi, informasi yang diperoleh VIVA bahwa jenazah Brigadir J dibawa pakai mobil Ambulans dari rumah Sambo pasca terjadi baku tembak dengan Bharada RE. Bahkan, seorang petugas yang membawa jenazah Brigadir J pun membenarkan.

Seorang Pendeta Ditikam saat Sedang Pimpin Upacara Ibadah di Sebuah Gereja

“Iya (saya membawa jenazah Brigadir J dari rumah Irjen Sambo pada Jumat, 8 Juli),” kata petugas pembawa jenazah, Ahmad Syahrul saat dihubungi VIVA pada Senin 18 Juli 2022.

Namun, Syahrul tidak menceritakan lebih detail mengenai kronologi awal diminta untuk membawa jasad Brigadir J dari rumah Irjen Sambo pada Jumat pekan lalu.

Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Sebelumnya diberitakan, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan tim gabungan yang dibuat khusus untuk mengusut kasus baku tembak di rumah Irjen Sambo sudah mulai bekerja. Tim dibentuk Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, yang diketuai Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono.

Kepolisian Republik Indonesia (Polri), kata dia, berkomitmen untuk mengungkap kasus baku tembak antara Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat dengan Bharada RE ini secara tuntas dan transparan.

“Kami sampaikan bahwa pimpinan Polri  berkomitmen untuk menyelesaikan kasus ini dengan tuntas,” jelas dia.

Sementara Kapolres Jakarta Selatan, Kombes Budhi Herdi Susianto menjelaskan pihaknya melaksanakan olah TKP setelah mendapatkan informasi adanya baku tembak di rumah Irjen Sambo pada Jumat, 8 Juli 2022.

"Saat kita laksanakan olah TKP, kami menemukan seorang yang sudah tergeletak dengan berlumuran darah berada di dekat tangga naik keatas tepatnya arah masuk kamar mandi yang ada dibawah tangga," kata Budhi.

Dari situ, kata dia, kemudian pihaknya melakukan prosedural seperti menghubungi tim inafis. Lalu, tim inafis dan tim identifikasi datang melakukan olah TKP bersama.

"Kami juga hubungi palang hitam untuk nantinya membawa jenazah tersebut ke rumah sakit untuk dilakukan otopsi," ungkapnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya