Kabar AKP Rita Yuliana Resign dari Polri, Ini Kata Kombes Zulpan

AKP Rita Yuliana
AKP Rita Yuliana
Sumber :
  • Twitter @SorchaYuliana

VIVA – AKP Rita Yuliana, sosok polisi wanita (polwan) yang menjadi perbincangan usai dimutasi ke Polda Metro Jaya diterpa isu tak sedap. Ada isu yang menyatakan AKP Rita keluar dari instansi Polri. 

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan tidak menepis secara terang-terangan isu tersebut. Namun, ia menegaskan AKP Rita Yuliana masih berstatus sebagai anggota Polda Metro Jaya.

"Yang bersangkutan saat ini tercatat sebagai anggota Polda Metro Jaya," ujar Zulpan saat dikonfirmasi wartawan, Rabu, 20 Juli 2022.

AKP Rita Yuliana

AKP Rita Yuliana

Photo :
  • Istimewa

Saat ditanya mengenai status AKP Rita Yuliana, Zulpan dengan yakin menegaskan bahwa lulusan Akademi Polisi tahun 2013 itu masih berstatus sebagai anggota Polri yang aktif.

"Iya (masih aktif)," jelasnya.

Untuk diketahui, seorang polisi wanita (Polwan) dengan nama lengkap AKP Rita Yuliana jadi perhatian warganet beberapa hari belakangan ini. Nama dia muncul begitu saja di media sosial hingga pencarian Google. Sosok parasnya yang cantik ini diketahui sekarang dinas di Polda Metro Jaya yang otomatis menjadi anak buah Irjen Fadil Imran. 

Mutasi Rita tertuang dalam Surat Telegram Kapolri dengan Nomor : ST/2604/XII/KEP.2021 yang dikeluarkan Mabes Polri pada tanggal 24 Desember 2021.

AKP Rita Yuliana

AKP Rita Yuliana

Photo :
  • Youtube TV9 Lombok News

Dikutip VIVA dari beberapa sumber, Selasa, 19 Juli 2022, AKP Rita resmi menjadi anggota Polri sejak tahun 2013. Dia diketahui menjadi salah satu lulusan Akademi Polisi tahun 2013 dan langsung bertugas di Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Di media sosial, Rita cukup aktif membagian beberapa foto-foto kegiatannya saat dinas.

Perempuan kelahiran Selong, Lombok Timur, 1 Juli 1992 ini bukan polwan biasa. Pemilik nama lengkap Rita Sorcha Yuliana ini punya banyak prestasi. Salah satunya mahir berbahasa Mandarin. Dia juga tercatat satu-satunya perwakilan Polri yang mendapatkan beasiswa International Law Enforcement Liaison Officer Program di Beijing Foreign Studies University (BFSU) Beijing, China pada tahun 2018.

Program itu merupakan spesialis bahasa Mandarin yang diikuti oleh 33 negara dari tiga benua yakni Eropa, Asia, serta Afrika. AKP Rita saat itu menorehkan prestasi membanggakan dengan mendapatkan Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK). HSK adalah ujian standardisasi kemahiran berbahasa Mandarin bagi penutur asing yang hanya ditargetkan mencapai HSK level 3. Polwan cantik itu justru mendapatkan HSK level 4.

Bukan hanya dibidang akademik, Rita juga menorehkan prestasinya saat bertugas di Lombok Timur. Saat itu Kapolda NTB masih dijabat Irjen M Iqbal. Rita yang menjabat sebagai Kasat Lantas menginisiasi pembuatan gerai vaksin di layanan Satpas SIM Polres Lombok Timur, yang pertama di Indonesia. Program tersebut pun menjadi role model untuk seluruh jajaran Kepolisian RI. Terobosannya itu membuat AKP Rita Yuliana diganjar penghargaan oleh Kapolda.