Profil Roy Suryo yang Jadi Tersangka Kasus Stupa Mirip Jokowi

Roy Suryo dan tim kuasa hukumnya.
Sumber :
  • Yeni Lestari/VIVA.

VIVA Metro – Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo ditetapkan sebagai tersangka atas kasus meme stupa Candi Borobudur yang mirip seperti wajah Presiden Joko Widodo. Sebelumnya, perwakilan umat Buddha Nusantara, Kurniawan Santoso kembali mendatangi Direktorat Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Metro Jaya dengan kuasa hukumnya Herna Sutana. 

Dianggap Bukan Lagi Kader PDIP, Zulhas: Rumah Pak Jokowi dan Gibran Namanya PAN

Pelapor mendatangi Polda Metro Jaya pada Selasa 28 Juni 2022 dan menjalani pemeriksaan terkait dengan pelaporannya terhadap Roy Suryo mengenai meme stupa Candi Borobudur yang diedit seperti wajah Presiden Jokowi. Ia datang dengan maksud memberikan keterangan terkait kasus yang dilaporkan itu. Juga sambil membawa bukti tambahan untuk penyidik. 

Perjalanan Karier Roy Suryo

Corn Imports Down to 450 Thousand Tons

Roy Suryo (tengah)

Photo :
  • Yeni Lestari/VIVA.

Pemilik nama lengkap Kanjeng Raden Mas Tumenggung Roy Suryo Notodiprojo yang disingkat KRMT Roy Suryo Notodiprojo atau Roy Suryo ini adalah seorang pengurus Partai Demokrat di bidang Komunikasi dan Informatika. Ia kerap menjadi narasumber dalam berbagai media massa Indonesia dalam bidang teknologi informasi, fotografi, dan multimedia. 

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Sosoknya kerap disebut sebagai pakar informatika, multimedia, dan telematika. Roy memiliki hobi fotografi sampai meraih berbagai prestasi. Ia mendapatkan penghargaan dari lomba fotografi tingkat nasional dan penghargaan dari berbagai pihak. Seperti Kadin bidang Telematika, Menhub Agum Gumelar, Majalah Trend Digital, Telkomsel, dan Garuda Indonesia.

Roy Suryo pernah menjadi anggota Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), tapi mengundurkan diri setelah DPP Partai Demokrat menawarkannya sebagai salah satu kedua dalam partai yang mengusung Susilo Bambang Yudhoyono itu. Tapi, sepanjang kariernya, ia sering mendapat pandangan sinis dari berbagai pihak. 

Bahkan, kepakarannya dalam bidang telematika sering diragukan. Seperti ketika dirinya mengklaim menemukan naskah lirik lagu Indonesia Raya yang menurut dia lebih lengkap ketimbang yang dipakai saat ini. Banyak pihak yang justru menganggap bahwa semua itu adalah untuk mencari sensasi semata. 

Ia pernah menjadi seorang Menteri Pemuda dan Olahraga RI menggantikan Andi Mallarangeng di awal Januari 2013. Tapi, ia mengaku beban tugasnya cukup berat, terlebih dia sama sekali tidak mempunyai latar belakang di bidang olahraga. Meski mendapat cibiran dari banyak pihak, ia tetap amanah menjalankan tugasnya sebaik mungkin. 

Pendidikan Roy Suryo

Roy Suryo dan mobil kesayangannya

Photo :
  • Dok: Roy Suryo

Roy Suryo yang dikenal sebagai pakar informatika, multimedia, dan telematika itu adalah anak dari keluarga yang berpendidikan tinggi. Sang ayah merupakan seorang profesor yang bernama Prof. Dr. dr. KPH Soejono Prawirohadikusumo, SPs, SP. Kd. dan ibunya bernama R Ay. Soeratmijati Notonegoro.

Roy Suryo menyelesaikan pendidikan sarjana di jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada. Ia kemudian melanjutkan pendidikannya dengan mengambil studi Magister Perilaku dan Promosi Pascasarjana di kampus yang sama. 

Profil Roy Suryo

Roy Suryo.

Photo :
  • Dok. VIVA/ Anwar Sadat

Nama Lengkap: Kanjeng Raden Mas Tumenggung Roy Suryo Notodiprodjo

Alias: Roy Suryo

Profesi: Politisi

Agama: Islam

Tempat Lahir: Yogyakarta

Tanggal Lahi : Kamis, 18 Juli 1968

Zodiak: Cancer

Hobby: Membaca, Diskusi, Fotografi

Warga Negara: Indonesia

Ayah : Prof. Dr. dr. KPH Soejono Prawirohadikusumo, SPs, SP. Kd.

Ibu : R Ay. Soeratmijati Notonegoro

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya