Jadi Tersangka Kasus Stupa, Roy Suryo Terancam 5 Tahun Penjara

Roy Suryo usai diperiksa Polisi
Roy Suryo usai diperiksa Polisi
Sumber :
  • VIVA / Yeni Lestari

VIVA – Mantan politikus Partai Demokrat, Roy Suryo dijerat pasal penistaan agama terkait kasus meme stupa Candi Borobudur mirip Presiden Joko Widodo.

"Pasalnya kena di UU ITE Pasal 28 ayat 2. Jadi dijerat di UU ITE Pasal 28 ayat 2 kemudian Pasal 156 aKUHP dan Pasal 15 UU Nomor 1 tahun 1946," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Endra Zulpan di Markas Polda Metro Jaya, Jumat, 22 Juli 2022.

Pasal 156a KUHP diketahui berbunyi 'dipidana dengan pidana penjara selama-lamanya lima tahun barang siapa dengan sengaja di muka umum mengeluarkan perasaan atau melakukan perbuatan: a. yang pada pokoknya bersifat permusuhan, penyalahgunaan atau penodaan terhadap suatu agama yang dianut di Indonesia; b. dengan maksud agar supaya orang tidak menganut agama apa pun juga, yang bersendikan Ketuhanan Yang Maha Esa'.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Meski begitu, mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur itu belum merinci barang bukti apa saja yang disita penyidik dari Roy Suryo. 

Zulpan juga belum memastikan apakah Roy akan ditahan usai ditetapkan sebagai tersangka. Roy masih diperiksa sebagai tersangka hari ini.

"Nanti tunggu hasil pemeriksaan. Kalau sudah selesai diperiksa kan keputusan penyidik ditahan atau enggak. Sekarang masih menjalani pemeriksaan," kata dia.

Halaman Selanjutnya
img_title