Profil Wikipedia Irjen Fadil Imran Diedit, Akun Anonim Dipolisikan

Ketua Umum Ormas Sahabat Polisi Indonesia, Fonda Tangguh melapor ke Polda Metro
Sumber :
  • VIVA/Foe Peace

VIVA Metro – Biodata Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Fadil Imran dalam situs Wikipedia diedit dengan ditambahkan narasi menerima suap dalam penanganan kasus kematian Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabrat alias Brigadir J. Atas hal itu, Organisasi masyarakat (Ormas) Sahabat Polisi Indonesia membuat laporan polisi.

Mayat Wanita 'Open BO' Ditemukan di Pulau Pari, Polisi Teliti Penyebabnya Lewat Cara Ini

Sahabat Polisi Indonesia membuat laporan dugaan penyebaran berita bohong terhadap Irjen Fadil di Polda Metro Jaya. Adapun Ketua Umum Ormas Sahabat Polisi Indonesia, Fonda Tangguh menyebut yang dilaporkan adalah akun anonim yang mengedit biodata Fadil.

"Ini sangat-sangat enggak baik, enggak bagus ini, informasi liar yang akan menimbulkan opini publik yang enggak jelas," kata dia di Markas Polda Metro Jaya, Selasa 26 Juli 2022.

Kasus Pemerasan Firli Bahuri Mandek, Kombes Ade Safri: Pasti Tuntas

Kapolda Metro Jaya irjen Pol Fadil Imran.

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Laporan sendiri diterima dengan nomor LP / B / 3806 / VII / 2022 / SPKT / Polda Metro Jaya tertanggal 26 Juli 2022. Dalam laporan tersebut terlapor yang masih dalam lidik dipolisikan dengan pasal terkait penyebaran berita bohong. Artikel yang mengungkap soal latar belakang kehidupan Fadil ditambah kalimat menyatakan kalau dia diduga telah menerima suap dari Kepala Divisi (Kadiv) Profesi dan Pengamanan (Propam) Nonaktif, Irjen Pol Ferdy Sambo.

Kombes Wira Blak-blakan Kapan Panggil Pendeta Gilbert soal Kasus Penistaan Agama

"Saya laporkan hari ini dengan dugaan Pasal 14 Ayat 2 dan pasal 15 Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 1946 tentang Penyebaran Berita Bohong yang menimbulkan kegaduhan," kata dia.

Sementara Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan pihaknya akan mendalami editan biodata Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran di Wikipedia.  "Iya, (editan biodata Irjen Fadil Imran soal terima suap) didalami oleh Siber Polri dulu," ujar Dedi saat dikonfirmasi wartawan, Selasa, 26 Juli 2022.

Kadiv Popam Irjen Ferdy Sambo dan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran

Photo :
  • vstory

Untuk diketahui, Kapolda Metro Jaya, Irjen Mohammad Fadil Imran mendatangi Kantor Ruang Kerja Kepala Divisi Propam Polri nonaktif, Irjen Ferdy Sambo di Mabes Polri pada Rabu, 13 Juli 2022. Tampaknya, kedatangan Fadil untuk menyampaikan keprihatinan dan memberikan motivasi kepada sang juniornya itu.

Diketahui, istri Sambo yakni PC diduga mendapat perlakuan kekerasan seksual oleh sopirnya Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat di rumahnya pada Jumat, 8 Juli 2022. Selain itu, istri jenderal bintang dua ini juga ditodong senjata api kepalanya oleh Brigadir J.

Lalu, Bharada RE atau E yang merupakan ajudan Kepala Divisi Propam bergerak menuju titik suara teriakan minta tolong dari kamar istri Sambo. Begitu turun tangga, Brigadir J ditanya oleh Bharada RE ada apa. Tapi, Brigadir J malah menembaki Bharada RE.

Dari informasi yang diperoleh VIVA, Fadil datang ke ruang kerja Sambo sekira jam 10.00 WIB. Terlihat dari video singkat berdurasi 24 detik, Fadil memakai seragam dinas kepolisian. Begitu tiba, Sambo langsung menghampiri Fadil sambil berjabat tangan.

Kemudian, Fadil langsung memeluk erat Sambo sambil diusap-usap supaya sabar menghadapi masalah ini. Tampak juga, Sambo seperti menangis haru ke pundak seniornya yang merupakan letingan Akademi Kepolisian (Akpol) 91 itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya