Sulitnya Evakuasi Bangunan Roboh di Johar Gegara Tiang Listrik

Perwira Piket Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Pusat, Unggul Wibowo
Sumber :
  • VIVA / Yeni Lestari

VIVA Metro – Bangunan roboh di Jalan Rawa Sawah II, Galur, Johar Baru, Jakarta Pusat masih dievakuasi. Mulanya, proses evakuasi ini sempat mengalami kendala lantaran turut mengenai tiang listrik di samping bangunan tersebut. 

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Berdasarkan pantauan di lokasi, tiang listrik tersebut terlihat miring akibat terkena bangunan yang roboh. Nampak juga kabel-kabel listrik yang putus hingga menyentuh aspal.

"Iya kendalanya adalah tadi listrik masih menyala. Jadi, kita pertama adalah jangan sampai petugas kita jadi korban," ujar Perwira Piket Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Pusat, Unggul Wibowo kepada wartawan, Kamis, 28 Juli 2022.

Abu Vulkanik Gunung Ruang Ganggu Penerbangan, Penutupan Bandara Sam Ratulangi Diperpanjang

Ruko di Johar Baru, Jakarta Pusat, ambruk, Kamis, 28 Juli 2022.

Photo :
  • Instagram @humasjakfire.

Maka dari itu, kata Unggul, pihaknya langsung berkoordinasi dengan PLN untuk memadamkan aliran listrik di lokasi sehingga bisa dimulai proses evakuasi.

Kondisi Mengenaskan 5 Korban Kebakaran Toko Frame Mampang Jakarta Selatan

"Setelah kita berkoordinasi dengan PLN, kita siapkan unit dan listrik dapat dipadamkan. Ternyata ditemukan korban berjumlah tiga orang," bebernya.

Setelah mengevakuasi para korban, Unggul mengatakan pihaknya melanjutkan proses evakuasi terhadap harta benda di lokasi. Sedikitnya, ada tiga unit sepeda motor yang tertimpa runtuhan bangunan dan berhasil dievakuasi.

"Ada 3 sepeda motor dan surat-surat berharga. Saat ini kita lakukan evakuasi dan alhamdulillah 3 motor sudah dapat kita lakukan evakuasi beserta harta benda yang ada," jelas Unggul.

Ruko di Johar Baru, Jakarta Pusat, ambruk, Kamis, 28 Juli 2022.

Photo :
  • VIVA/ Yeni Lestari.

Sebelumnya diberitakan, satu unit bangunan semi permanen di Jalan Rawa Sawah II, Galur, Johar Baru, Jakarta Pusat roboh. Informasi robohnya bangunan tersebut diunggah akun instagram @humasjakfire.

"Bangunan runtuh dilaporkan terjadi di Jalan Rawa Sawah II, Kelurahan Kampung Rawa, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat (titik kenal Pasar Gembong Lama)," bunyi keterangan dalam akun instagram @humasjakfire, Kamis, 28 Juli 2022.

Dalam peristiwa ini, sebanyak tiga orang menjadi korban. Satu di antara ketiganya korban dinyatakan meninggal dunia saat proses evakuasi. Korban meninggal dunia telah dievakuasi ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.

"Kalau meninggal, biasanya kita bawa ke RSCM. Kalau yang 1 mungkin kita belum tau, itu sama tim medis," tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya