BPBD DKI Ungkap Penyebab Ambruknya Ruko di Johar Baru

Ruko di Johar Baru, Jakarta Pusat, ambruk, Kamis, 28 Juli 2022.
Sumber :
  • Instagram @humasjakfire.

VIVA Metro – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Isnawa Adji membeberkan penyebab ambruknya bangunan ruko di Johar Baru Jakarta Pusat, Kamis 28 Juli 2022.

Gunung Karangetang Berstatus Waspada, PVMBG Imbau Radius 1,5 Km Harus Steril dari Warga

Isnawa menjelaskan bahwa adanya kelalaian dari petugas yang mengerjakan proyek saluran air. Penggalian irigasi tersebut membuat pondasi bangunan menjadi tidak kuat.

Ruko di Johar Baru, Jakarta Pusat, ambruk, Kamis, 28 Juli 2022.

Photo :
  • VIVA/ Yeni Lestari.
Heru Budi Minta Maaf Banjir Rendam Tegal Alur Lebih Dari 24 Jam

“Kelalaian petugas galian irigasi yang salah perhitungan dalam menggali dan menyebabkan kerusakan pondasi bangunan,” kata Isnawa saat dihubungi, Jumat 29 Juli 2022.

Akibat adanya kejadian ini, Isnawa mengatakan kerugian material ditafsir mencapai Rp300 juta. Saat ini dia mengatakan pihaknya sedang membersihkan sisa-sisa reruntuhan.

Petugas Gabungan Pasang Bronjong di Tanggul Jebol Kali Hek Kramat Jati

“Dalam penanganan pemindahan puing-puing,” jelas dia.

Ruko di Johar Baru, Jakarta Pusat, ambruk, Kamis, 28 Juli 2022.

Photo :
  • VIVA/ Yeni Lestari.

Sebelumnya, viral di media sosial Instagram satu unit bangunan di kawasan Johar Baru, Jakarta Pusat, ambruk. Salah satunya ada pada akun Instagram resmi Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta @humasjakfire.

Dalam postingannya disebut kejadian ini terjadi di dekat kawasan Pasar Gembrong Lama, tepatnya di Jalan Rawa Sawah II, Galur, Johar Baru, Jakarta Pusat.

Kejadian itu juga menyebabkan korban jiwa. Dikabarkan, korban bernama Zulaika (33) meninggal dunia dan Sukrini mengalami patah tulang.

Baca juga: Saksi Mata Beberkan Detik-detik Ambruknya Ruko di Johar Baru

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya