Polisi Bakal Panggil Pemkot Jakpus Terkait Ambruknya Ruko

Ruko di Johar Baru, Jakarta Pusat, ambruk, Kamis, 28 Juli 2022.
Sumber :
  • VIVA/ Yeni Lestari.

VIVA Metro - Polisi berencana untuk memanggil Pemerintah Kota Jakarta Pusat terkait dengan ambruknya bangunan ruko di Jalan Rawa Sawah II, Galur, Johar Baru, Jakarta Pusat. Insiden itu terjadi pada Kamis, 28 Juli 2022 sore lalu.

Chandrika Chika Ngaku Udah Pakai Narkoba Satu Tahun

Ruko di Johar Baru, Jakarta Pusat, ambruk, Kamis, 28 Juli 2022.

Photo :
  • VIVA/ Yeni Lestari.

Setelah Hasil Laboratorium Forensik Keluar

Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba, Chandrika Chika Ternyata Positif Metafetamin Juga

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Pusat, Kompol Gunarto, mengatakan pemanggilan terhadap Pemkot Jakpus dilakukan setelah hasil laboratorium forensik keluar.

Dugaan sementara, ada kelalaian dari petugas yang mengerjakan proyek saluran air. Penggalian irigasi tersebut membuat pondasi bangunan menjadi tidak kuat.

Penampakan Chandrika Chika Usai Ditetapkan Jadi Tersangka Kasus Narkoba, Udah Pakai Baju Oren

"Kalau nanti hasil dari labfor menyatakan penyebab jatuhnya itu seperti apa, misalnya penyebabnya dari galian itu ya nanti pasti kita panggil. Makanya sementara masih kita olah TKP masih dilakukan," kata Gunarto kepada wartawan, Senin, 1 Agustus 2022.

Baca juga: Saksi Mata Beberkan Detik-detik Ambruknya Ruko di Johar Baru

Siapa Saja Pekerja yang Terlibat

Lebih lanjut, dari hasil laboratorium forensik itu, Gunarto menyebut akan melihat siapa saja pekerja yang terlibat hingga prosedur dalam penggalian irigasi.

Ruko di Johar Baru, Jakarta Pusat, ambruk, Kamis, 28 Juli 2022.

Photo :
  • VIVA/ Yeni Lestari.

"Nanti kita lihat siapa pekerjanya, nanti kita lihat prosedurnya, SOP-nya bagaimana itu apabila nanti hasil labfor seperti itu," katanya.

Ruko Ambruk

Satu unit bangunan semi permanen di Jalan Rawa Sawah II, Galur, Johar Baru, Jakarta Pusat, ambruk. Informasi ambruknya bangunan tersebut diunggah akun instagram @humasjakfire.

"Bangunan runtuh dilaporkan terjadi di Jalan Rawa Sawah II, Kelurahan Kampung Rawa, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat (titik kenal Pasar Gembong Lama)," bunyi keterangan dalam akun instagram @humasjakfire, Kamis, 28 Juli 2022.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta Isnawa Adji membeberkan penyebab ambruknya bangunan ruko di Johar Baru Jakarta Pusat, Kamis, 28 Juli 2022.

Isnawa menjelaskan bahwa adanya kelalaian dari petugas yang mengerjakan proyek saluran air. Penggalian irigasi tersebut membuat pondasi bangunan menjadi tidak kuat.

“Kelalaian petugas galian irigasi yang salah perhitungan dalam menggali dan menyebabkan kerusakan pondasi bangunan,” kata Isnawa saat dihubungi, Jumat, 29 Juli 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya