Jaksa Tuntut Terdakwa Kebakaran Lapas Klas I Tangerang 2 Tahun Penjara

Sidang perkara kebakaran Lapas Klas I Tangerang, di Pengadilan Negeri Tangerang.
Sidang perkara kebakaran Lapas Klas I Tangerang, di Pengadilan Negeri Tangerang.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

VIVA Metro – Empat terdakwa perkara kebakaran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I Tangerang, yakni Suparto, Rusmanto, Yoga Wido Nugroho, dan Panahatan Butar-Butar, dituntut dua tahun penjara, Selasa, 2 Agustus 2022.

Tuntutan itu dibacakan langsung oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Tangerang Oktaviandi Samsuriza, dalam sidang pembacaan tuntutan di Ruang 1 Pengadilan Negeri Tangerang.

Tuntutan itu diberikan setelah keempatnya dinilai memenuhi unsur kelalaian atau kecerobohan yang menyebabkan kebakaran hingga menewaskan 49 narapidana.

Kebakaran Lapas Klas 1 Tangerang

Kebakaran Lapas Klas 1 Tangerang

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Adanya unsur kelalaian yang menyebabkan kematian, sikap yang kurang hati-hati dan kurang lihat keadaan. Yang mana seharusnya bisa memperkirakan atau bisa mengantisipasi. Yang mana, intinya kurang cermat berpikir dan bertindak, dan atau kecerobohan yang serius," katanya.

Atas unsur tersebut, Kejaksaan Negeri Kota Tangerang menyatakan tiga terdakwa yakni Suparto, Rusmanto dan Yoga Wido Nugroho dikenakan pasal 359 KUHPidana, sementara Panahatan Butar-Butar dikenakan pasal 188 KUHPidana. 

"Tiga terdaknya dikenakan pasal 359 KUHPidana tentang kesalahan (kealpaan) yang menyebabkan orang lain meninggal dunia dan untuk satu terdakwa lainnya pasal 188 KUHPidana tentang kesalahannya hingga terjadi kebakaran peletusan yang menyebabkan orang lain meninggal dunia,” ujarnya.

Dia menambahkan, “Yang selanjutnya menjatuhkan para terdakwa masing-masing 2 tahun perintah dengan segera ditahan.”