PDIP Laporkan Ustaz Ahmad Zaenudin ke Polisi

Ilustrasi Kantor DPP PDIP
Sumber :
  • Antara/ Ali Anwar

VIVA Metro - Badan Bantuan Hukum dan Advokasi Rakyat PDIP DKI Jakarta melaporkan Ustaz Ahmad Zaenudin ke polisi atas dugaan penyebaran berita bohong atau hoax yang dilakukannya. Laporan diterima dengan nomor LP/B/3980/VII/2022/SPKT/POLDA METRO JAYA.

Viral Pajero Polisi Kabur Usai Tabrak Lari Avanza Warga, Kombes Hadi Ungkap Faktanya

Ilustrasi/borgol.

Photo :
  • ientrymail.com

Berita Bohong

KPU Ungkap Alasan Abaikan Permintaan PDIP Tunda Penetapan Prabowo

"Yang kita laporkan itu di Pasal 14 UU RI Nomor 1 Tahun 1946. Yaitu soal menyiarkan berita bohong yang menimbulkan keonaran di kalangan masyarakat," kata Kepala Bantuan Hukum dan Advokasi Rakyat PDIP DKI Jakarta, Marthin Pasaribu, kepada wartawan, Rabu, 3 Agustus 2022.

Dia mengungkap pihaknya mendapati ada video ceramah Ahmad Zaenudin yang viral di media sosial. Video diketahui pelapor pada 28 Juli 2022 lalu.

PDIP Gugat KPU ke PTUN, Ganjar: Tugas Saya dan Pak Mahfud Berakhir Usai Putusan MK

Baca juga: Beda PDIP dan PKS Soal Kasus Pemaksaan Jilbab di Bantul

Sebut Soekarno Pengkhianat

Dalam video ada pernyataan Zaenudin mengatakan Pancasila bukan produk ulama dan Soekarno adalah pengkhianat. Video dan screenshoot berita media online jadi bukti membuat laporan.

"Jadi KH Ahmad Zaenudin ceramah dan menyebutkan Pancasila itu adalah bukan produk dari ulama dan kita dengar kata-kata Soekarno pengkhianat Pancasila," ujar dia.

Gedung Polda Metro Jaya, Sudirman

Photo :
  • vivanews/Andry

Inisiatif Kader PDIP

Lebih lanjut, Marthin mengaku laporan yang dibuat adalah inisiatif dari kader PDIP. Dia mengaku kalau Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, belum memberikan atensi soal video ini.

Laporan dibuat guna antisipasi adanya gesekan di masyarakat. Sebabnya, ceramah Ahmad Zaenudin dirasa berpotensi menciptakan kegaduhan.

"Ini spontan dari para kader partai pewaris ideologi Bung Karno. Kita khawatir ini menjadi keonaran di masyarakat," katanya lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya