Antisipasi Cacar Monyet, Begini Langkah Dinkes Tangerang

Dokumentasi: Taman Monyet Solear di Kabupaten Tangerang.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

VIVA Metro – Seorang warga di Pati, Jawa Tengah terdeteksi suspek cacar monyet atau monkeypox. Adanya hal itu, pemerintah pusat hingga daerah pun mengeluarkan imbauan untuk peningkatan kewaspadaan. 

11 Warga Jakarta Barat Terpapar Cacar Monyet

Seperti di Kabupaten Tangerang, Dinas Kesehatan setempat pun sudah menyebarluaskan informasi tentang monkeypox, baik itu melalui Instagram, website dan spanduk untuk memberikan pengetahuan dan meningkatkan kewaspadaan masyarakat.

"Kita telah berikan informasi soal peningkatan kewaspadaan yang harus dilakukan masyarakat di Kabupaten Tangerang terkait penyakit cacar monyet ini," kata Kabid P2P Dinkes Kabupaten Tangerang, dr. Sumihar Sihaloho, Jumat, 5 Agustus 2022.

KALEIDOSKOP 2023: Perjalanan Kasus Cacar Monyet di Indonesia

Monkeypox atau cacar monyet

Photo :
  • crosstimbersgazette

Terlebih di Kabupaten Tangerang, terdapat lokasi wisata Taman Makam Kramat Solear. Pada lokasi tersebut ditempati oleh ratusan monyet liar.

411 People Have Vaccinated with Second Monkeypox Vaccine

"Terkait adanya wisata Taman Monyet Solear di Kabupaten Tangerang, maka diharapkan memang adanya peningkatan pengawasan dari pihak pengelola," ujarnya.

Peningkatan pengawasan ini dimaksudkan, agar pengunjung terhindar dari kontak fisik dengan hewan tersebut sebagai bentuk pencegahan.

Monkeypox atau cacar monyet

Photo :
  • Livemint

"Harus ditingkatkan mengingat penyakit ini masuk dalam zoonosi (hewan ke manusia). Dan nantinya, jika dalam keadaan tertentu, pengunjung mengalami gigitan dari monyet maka untuk penanganan awal dapat dilakukan observasi apakah pengunjung mengalami gejala yang mengarah seperti monkeypox agar dapat dilakukan isolasi segera," ujarnya.

Adanya hal ini, masyarakat tidak perlu panik atau cemas, melainkan harus meningkatkan kewaspadaan dengan cara menggunakan masker, disiplin menerapkan protokol kesehatan, konsumsi vitamin dan makanan bergizi, hingga membersihkan dan disinfeksi lingkungan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya