Cerita Menegangkan Korban Selamat Kebakaran Kos-kosan di Tambora

Kebakaran gedung kos-kosan di Tambora, Jakarta Barat
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito

VIVA Metro – Sebanyak enam orang tewas dan dua orang lainnya alami luka bakar dalam kejadian kebakaran yang membakar rumah kos berlantai empat di Jalan Duri Selatan 1, Duri Selatan, Tambora, Jakarta Barat pada Rabu 17 Agustus 2022.

KM Bukit Raya Terbakar di Muara Sungai Kapuas, Penumpang Panik Berjibaku Padamkan Api

Salah seorang korban selamat salam kejadian tersebut, Toni (30) mengatakan kebakaran dengan api yang sudah membakar sisi bangunan terjadi sekitar pukul setengah 7 pagi.

Toni yang mengaku dirinya tinggal di kamar lantai empat ruko tersebut saat terjadi kebakaran. Dirinya sedang tidur dan terbangun saat mendengar ada banyak suara teriakan dari penghuni kos lain dimana saat itu asap sudah mengepul di lorong lorong gedung.

Mobil Sedan Ludes Hangus Terbakar di SPBU Ngadirojo Wonogiri, Polisi Langsung Olah TKP

"Posisi saya lagi di lantai 4 lagi tidur. Denger ada suara teriakan, asap masuk ke kamar," ujarnya.

Kebakaran gedung kos-kosan di Tambora, Jakarta Barat

Photo :
  • VIVA/Andrew Tito
Terkuak, Toko Frame Mampang yang Alami Kebakaran Maut Tidak Punya Pintu Darurat

Toni yang ngekos bersama temannya itu kemudian berusaha menyelamatkan diri dengan naik ke atas atap menghindari kobaran api. Sementara temannya sudah dari pagi keluar kamar kos untuk pergi bekerja.

"Lewat kolong talang naik ke atas atap, baru saya turun ke bawah. Tapi ada penghuni yang loncat juga," ujarnya.

Toni mengungkapkan bahwa dirinya tidak sempat menyelamatkan barang-barang di kamar dan langsung lari untuk menyelamatkan diri dengan menaiki atap, bahkan ada security juga yang berusaha menyelamatkan diri namun terjatuh.

"Iya. Loncat-loncatin genteng-genteng orang. Sekuriti jatuh tiga kali atau berapa kali kan bareng sama saya 2 orang,” ujarnya.

Kebakaran tersebut membuat dirinya sedikit mengalami luka. Hidung, muka dan rambutnya sempat terkena kobaran api yang menjulur hingga ke lantai 4.

Toni mengatakan ada enam orang penghuni kos yang tewas terbakar lantaran terjebak kobaran api dan sempat terbangun.

"Ada 6 orang yang meninggal katanya sudah pada bangun tapi tidak bisa menyelamatkan diri. Jadi asap sama panasnya udah sampai ke lantai 4," ujarnya.

Diketahui gedung yang dijadikan kos-kosan empat lantai di Jalan Duri Selatan 1 RT006 RW002, Duri Selatan, Tambora, Jakarta Barat, hangus dilalap api pada Rabu 17 Agustus 2022, sekira pukul 06.36 WIB 17 Agustus 2022.

Penyebab kebakaran diduga karena korsleting listrik dari salah satu kamar kos di lantai 3 dan lantai 4. Sebanyak 20 unit mobil pemadam kebakaran dengan kekuatan 100 personil dikerahkan untuk memadamkan api.

Baca juga: Kebakaran Gedung Kos-kosan di Tambora, 6 Orang Tewas

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya