DPRD DKI Minta Kedai Kopi di Halte Transjakarta Dibongkar

Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDIP Gilbert Simanjuntak
Sumber :
  • DPRD DKI Jakarta

VIVA Metro – Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak meminta kedai kopi di Halte Harmoni dibongkar, Gilbert mengimbau TransJakarta (TJ) agar tetap fokus kepada pelayanan penumpang.

Ini Pertimbangan Komisi B DPRD DKI Bahas Kenaikan Tarif Transjakarta

“Sebaiknya diperiksa dulu apakah keberadaan halte itu sesuai rancangan awal atau tidak sesuai rencana penggunaan halte. Kalau memang lokasinya mempersempit halte, sebaiknya tidak usah diadakan kafe di halte tersebut,” kata Gilbert kepada wartawan, Kamis 18 Agustus 2022.

Calon penumpang mengantre untuk menaiki bus Transjakarta di Halte Harmoni

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Komisi B DPRD DKI Bakal Rapat Khusus Bahas Kenaikan Tarif Transjakarta Pekan Depan

Politisi fraksi PDI Perjuangan tersebut menambahkan, kalau keberadaan kedai kopi di sana malah mempersempit halte, baiknya dibongkar saja. Artinya itu merupakan penggunaan yang salah atau malfungsi.

Lebih lanjut, dia juga mengatakan, Sia-sia memperlebar halte jika hanya untuk menampung kedai kopi. Menurutnya, tanpa adanya kedai kopi itu, halte tetap akan tetap berjalan optimal.

Soroti Dampak Polusi Bagi Kesehatan, Legislator Komitmen Optimalkan Kendaraan Listrik

“Tidak tepat kalau TJ memperbesar halte kalau hanya untuk menampung kafe. Tanpa adanya itu juga, halte tetap dapat berfungsi optimal,” ungkapnya

Terlebih, kata Gilbert, Halte Harmoni adalah tempat transit utama TransJakarta. Oleh karena itu, dia meminta TransJakarta fokus kepada pelayanan penumpang.

"Halte harmoni salah satu tempat transit utama, sebaiknya dipertimbangkan kelancaran arus pergerakan transit di halte tersebut. TJ sudah mendapatkan PSO yang besar, sebaiknya fokus di pelayanan. Bukan memikirkan income tambahan, tapi mengutamakan kelancaran atau pelayanan," tutur dia.

Warganet Ramai-ramai Protes Kedai Kopi di Halte Harmoni

Photo :
  • Twitter: nurulhp

Sebelumnya, warganet atau pengguna TransJakarta di media sosial menyuarakan protes mereka terhadap kedai kopi yang dibangun di dalam Halte Harmoni. Menurut mereka, dengan didirikannya kedai kopi tersebut membuat halte semakin sesak dan sempit.

Melalui rekaman video yang beredar di media sosial, para penumpang juga memperlihatkan situasi padat di Halte Harmoni dengan antrean yang panjang.

Terlebih, Halte Harmoni yang berada di Kebon Kelapa, Gambir ini merupakan titik transit yang dilalui banyak koridor, diantaranya: 1, 2, 3,5A, 5C, 5H, 7F, 8, 8A, 9B, 10H dan 12M, inilah alasan mengapa halte tersebut selalu ramai di jam-jam sibuk.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya