Hari Ini Alterina Sidang Perdana

Alter (baju hitam) dan Jane (baju putih)
Alter (baju hitam) dan Jane (baju putih)
Sumber :
  • Facebook

VIVAnews – Sidang Alterina Hofan (Alter) akan dilaksanakan hari ini, Senin 17 Mei 2010, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan terkait kasus pemalsuan dokumen dan penipuan.

Pengacara Alter, Kores Tambunan, mengungkapkan Alter sangat siap menghadapi persidangan ini. Sebab, kata Kores, Alter merasa tidak bersalah.

“Dia dalam keadaan siap. Siap sekali. Karena kan dia tidak salah. Ini soal cinta, tapi dibawa ke pengadilan,” kata Kares kepada VIVAnews.

Kendati demikian, kuasa hukum Alter akan mengajukan keberatan (eksepsi) terhadap persidangan ini. Karena Alter menilai terdapat hal-hal mendasar yang tidak terjawab.

Alter adalah seorang transgender. Dia dilaporkan mertua ke polisi karena dinilai melakukan pemalsuan dokumen dan penipuan identitas sebelum menikahi Jane Deviyanti Hadipoespito, putri salah satu pendiri Universitas Bina Nusantara.

Keberatan orang tua Jane terhadap pernikahan Alter dan Jane, antara lain karena mereka beranggapan bahwa Alter berjenis kelamin perempuan. Itu didasarkan sejumlah alat bukti yang dipunyai keluarga Jane. Itulah dasarnya, mereka melaporkan Alter ke Polda Metro Jaya pada akhir 2009 lalu.

Kemudian Alter dibidik dengan Pasal 266 KUHP tentang pemalsuan identitas dalam akta otentik, juncto Pasal 263 KUHP dan Pasal 378 KUHP tentang penipuan.

Sementara itu, Jane sendiri diberbagai kesempatan menyatakan sangat menyayangkan tindakan orang tuanya yang memperkarakan suaminya. Kendati demikian, Jane tidak akan putus asa. Dia akan membebaskan suaminya. Dia telah melaporkan masalah ini ke Komisi Nasional Hak Asasi Manusia. (umi)

Baca Sorot:  Dua Kelamin Alterina