Catat, Ada 9 Titik Demo Tolak Kenaikan Harga BBM di Jakarta

Unjuk Rasa Tolak Kenaikan BBM di Sejumlah Daerah
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi

VIVA Metro – Ada 9 titik lokasi unjuk rasa di wilayah Jakarta Pusat yang digelar hari ini, 5 September 2022. Aksi unjuk rasa ini menuntut penolakan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak alias BBM Subsidi.

Prabowo Larang Pendukungnya Demo di MK, Demokrat Beri Pujian: Negarawan dan Komitmen Tinggi

"Ada 9 titik, 19 elemen," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Metro Jakarta Pusat, Komisaris Polisi Purwanta kepada wartawan, Senin 5 Sepetember 2022.

Namun, tidak dirinci di mana saja lokasi 9 titik aksi tersebut. Dia belum tahu berapa jumlah massa yang akan turun aksi. Jumlah massa setiap aksi berbeda. Kata Purwanta, ada demo yang berjumlahkan massa 100 orang, ada yang cuma 60 orang.

100 Ribu Pendukung Prabowo-Gibran Bakal Demo di Gedung MK, Begini Pesan Cawapres Terpilih

Baca juga: Harga Emas Hari Ini 5 September 2022: Global Datar, Antam Turun

"Belum ada kepastian. Ada yang 100, terus nanti ada yang 60," katanya.

Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024, Konsumsi Pertamax Series Naik 9 Persen

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) pada Sabtu, 3 September 2022. Pasalnya, kenaikan harga BBM akan berlaku pada Sabtu, 3 September 2022 jam 14.30 WIB atau 1 jam setelah diumumkan pemerintah.

Demo Tolak Kenaikan BBM di DPR 2013

Photo :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

Presiden Jokowi mengatakan pemerintah telah berupaya sekuat tenaga untuk melindungi rakyat dari gejolak harga minyak dunia. Sebetulnya, ia ingin harga BBM dalam negeri tetap terjangkau dengan memberikan subsidi dari APBN.

“Tetapi, anggaran subsidi dan kompensasi BBM tahun 2022 telah meningkat 3 kali lipat dari Rp152,5 triliun menjadi Rp502,4 triliun dan itu akan meningkat terus. Dan lagi lebih dari 70 persen subsidi justru dinikmati oleh kelompok masyarakat yang mampu, yaitu pemilik mobil-mobil pribadi,” kata Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya