6 Kader GPI Cegat Mobil Walkot Cilegon di Demo BBM jadi Tersangka

Viral Mobil Dinas Wali Kota Cilegon Kena Amuk Demo BBM
Sumber :
  • Andrew Tito

VIVA Metro – Enam pendemo kader Gerakan Pemuda Islam (GPI) yang nekat menahan mobil dinas Wali Kota Cilegon Helldy Agustian saat aksi menolak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), Senin 5 September 2022 lalu akhirnya ditetapkan jadi tersangka. Akibat perbuatannya, mereka dikenakan Pasal 170 KUHP.

Pengungsi Gaza Ucapkan Terima Kasih pada Mahasiswa AS yang Memprotes Serangan Israel

"Sampai saat ini Polda Metro Jaya melalui Ditkrimum telah proses kejadian tersebut karena unsur pidana dipenuhi sehingga ditetapkan sebagai tersangka," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Endra Zulpan kepada wartawan, Kamis 8 September 2022.

Zulpan mengingatkan kepada masyarakat yang hendak menyampaikan pendapat lewat demonstrasi agar mematuhi peraturan yang ada. Salah satunya adalah menghargai orang lain yang tidak ikut demo. Semisal yang dilakukan keenam orang ini terhadap Helldy. Tindakan mereka yang mencegat mobilnya saat aksi dinilai sudah menyalahi peraturan soal penyampaian pendapat di muka umum.

Pendukung Israel Provokasi Mahasiswa Pro Palestina di Universitas California

Baca juga: Erick Thohir Sebut 60 Juta Database PeduliLindungi Hilang

"Jadi, imbauan dari kami kepada masyarakat menyampaikan pendapat di muka umum itu diatur dalam undang-undang kita. Namun, ada juga norma-norma yang harus kita patuhi. Diantaranya bagaimana kita menghargai orang lain yang berkendara jangan sampai kendaraannya kita hentikan, kita rusak kita, sandera dan sebagainya. Tentunya itu suatu pelanggaran apakah itu dilaporkan oleh korban atau tidak. Tapi tindakan itu dilihat oleh kepolisian sehingga kepolisian mengambil langkah-langkah penegakan hukum," kata dia.

Usai Sepi Peminat, Pemerintah Kasih Gratis Konversi Motor Listrik

Sebelumnya diberitakan, diduga berbuat tindakan anarkistis yang membahayakan, ada empat orang demonstran yang menolak kenaikan harga BBM diamankan aparat di kawasan Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat Jakarta Pusat, Senin 5 September 2022. 

Demo mahasiswa massa HMI tolak kenaikan harga BBM

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari

Diketahui aksi demonstrasi tolak kenaikan harga BBM tersebut berakhir ricuh dengan massa yang berhasil menerobos dua lapis kawat berduri. Mereka terlibat aksi saling dorong dengan petugas. 

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin mengatakan ada sejumlah orang pendemo diamankan polisi karena dianggap melakukan tindakan yang membahayakan keselamatan. Mereka yang diamankan tersebut adalah mereka yang ikut demo bersama dengan massa mahasiswa. 

"Ini yang masih kita dalami keberadaan mereka. Karena sebagaimana kita saksikan tadi, hampir seluruh massa mahasiswa sedang berkonsentrasi di bawah JPO Merdeka Barat, Namun ada beberapa orang yang keluar atau melakukan kegiatan sendiri di putaran Patung Kuda," kata Komarudin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya