Cerita Penghuni Rumah DP Rp0 : Lebih Hemat daripada Ngontrak

Anies Baswedan menggendong anak penghuni Rumah DP 0 Rupiah
Sumber :
  • PPID DKI Jakarta

VIVA Metro – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan sebanyak 1.348 unit hunian layak yang menjadi program Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dengan uang muka 0 Rupiah alias rumah DP 0 di wilayah Jakarta Timur, Kamis 8 September 2022.

40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan

Sebanyak 868 unit berada di Menara Kanaya Nuansa Cilangkap di Jalan Raya Cilangkap, Jakarta Timur. Sedangkan, 480 unit lainnya berada di Menara Swasana Pondok Kelapa, terletak di Jalan H. Naman, Jakarta Timur.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan meresmikan 1.348 unit rumah DP 0

Photo :
  • FB Anies Baswedan
Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Anies mengatakan program DP 0 Rupiah ini ditujukan untuk kelompok masyarakat yang berpenghasilan di atas Upah Minimum Provinsi (UMP), namun dalam keadaan mampu membayar cicilan tetapi sulit untuk menabung.

Lebih lanjut, Anies menyebut tingkat keterisian hunian DP Nol Rupiah mencapai 95 persen. Angka ini, kata dia, lebih tinggi dibandingkan apartemen atau rumah komersial yang hanya sebesar 70 persen.

PKB Bakal Usung Ida Fauziyah-Hasbialla Ilyas di Pilkada DKI

Cerita warga yang tinggal di rumah DP 0 Rupiah

Salah satu penghuni yang tinggal di Rumah DP 0 Rupiah di Menara Samawa Pondok Kelapa, Tomi Wahyudi mengaku hunian tersebut membuat keluarganya merasa aman dan nyaman tinggal di sana. Bahkan, lanjut dia, solidaritas antar warga juga terjalin erat.

Tomi kemudian menjelaskan kemudahan yang dia dapatkan setelah menempati Rumah DP 0 Rupiah di Pondok Kelapa. Tomi mengungkapkan kegembiraannya lantaran sekarang tak perlu lagi mengontrak (sewa), sehingga bisa menghemat biaya.

“Sebelumnya tinggal di Jakarta Utara di Plumpang. Ngontrak (sewa) per bulan Rp 1 juta. Sekarang cicil rumah Rp 1,3 juta per bulan tapi ini milik sendiri,” jelas Tomi dalam acara peresmian 1.348 unit Rumah DP 0 Rupiah di Cilangkap, dikutip dari siaran pers PPID Jakarta, Jumat.

Dalam kesempatan tersebut, Anies turut menggendong anak dari Tomi Wahyu, yang bernama Syaquena yang lahir dan besar di hunian DP Nol Pondok Kelapa.

“Ini testimoni langsung dan anak seperti Syaquena tumbuh besar di rumah milik sendiri dari yang sebelumnya ngontrak,” terang Anies.

Kemudian, Anies berharap agar kedepannya anak-anak yang tinggal di Hunian DP Nol, selain mendapatkan tempat berteduh, juga mendapatkan pendidikan yang baik karena orang tuanya telah memiliki hunian tetap milik sendiri.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan meresmikan 1.348 unit rumah DP 0

Photo :
  • FB Anies Baswedan

Sehingga, lanjut mantan Menteri Pendidikan itu, tidak perlu berpindah tempat yang bisa berpengaruh dengan lokasi sekolah anak.

“Mudah-mudahan nanti pendidikan baik, Insya Allah masa depan lebih baik dan Bapak (Tomi Wahyu) tenang, nggak perlu pindah dari kontrak satu ke kontrakan lainnya. Di tempat ini terus sampai tuntas dengan nilai yang terjangkau,” tutup Anies.

Tomi Wahyu sebagai Penerima Manfaat Rumah DP Nol Pondok Kelapa dalam peresmian tersebut adalah untuk menyaksikan terbitnya Sertifikat Hak Milik Satuan Rusun (SHM Sarusun) sebagai tanda penuntasan kewajiban pembangunan dari pelaku pembangunan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya