Anies Respons PSSI soal Kelayakan JIS: Kira-kira Mungkin Nggak?

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Kota Tua Jakarta Barat
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

VIVA Metro - Jakarta Internasional Stadium (JIS) tengah jadi perhatian gegara pernyataan pejabat Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Stadion JIS dianggap PSSI tak layak menggelar laga matchday FIFA untuk Timnas Indonesia

Serahkan Kesimpulan Besok, Yusril Minta MK Tolak Permohonan Anies-Ganjar

Menanggapi itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akhirnya angkat bicara.  JIS merupakan proyek stadion di Tanjung Priok Jakarta Utara yang dibangun era Anies saat menjadi DKI-1. 

Anies menjawab santai soal omongan PSSI yang anggap JIS tak layak untuk pertandingan FIFA matchday.

Masih Ingat 34 Pemain Pertama Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia, Ada M Tahir hingga Andritany

"Kira-kira mungkin nggak? Jawaban saya cuma itu aja, kira-kira mungkin nggak? Kira-kira," kata Anies di Kota Tua, Jakarta Barat, Sabtu 10 September 2022.

Anies tak mau panjang lebar menanggapi pernyataan PSSI. Dia mengaku hanya ingin senyum saja. "Jawaban saya cuma senyum aja. Gitu aja," ujarnya.

Shin Tae-yong Blak-blakan Akui Indonesia U-23 Kesulitan Tatap Piala Asia U-23

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat soft lauching Stadion JIS

Photo :
  • Facebook Anies Baswedan

Sebelumnya, PSSI menyampaikan batal menggelar laga Timnas Indonesia vs Curacao dengan venue di Stadion JIS pada 27 September 2022. Alasan PSSI lantaran JIS belum memenuhi kelayakan standar FIFA. Selain itu, uang sewa JIS juga dianggap mahal.

Pernyataan PSSI itu pun jadi sorotan. Di media sosial Twitter, PSSI dan Anies masuk dalam jajaran trending pada Sabtu malam, 10 September 2022.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Proyek JIS Arry Wibowo sempat menanggapi pernyataan PSSI. Dia menepis PSSI dengan menegaskan JIS sudah memenuhi standar FIFA. 

Arry mengatakan, stadion bisa dilabeli standar FIFA karena punya fasilitas dan infrastruktur yang lengkap. Pun, dia menekankan dari aspek perencanaan dan pembangunan, JIS juga sudah memenuhi kriteria FIFA.

Dia juga menambahkan JIS juga dirancang oleh konsultan perencana dari Inggris, Buro Happold. Rekam jejak Buro punya pengalaman merancang sejumlah stadion sepak bola modern di Inggris dan beberapa stadion yang diproyeksikan untuk Piala Dunia di Qatar 2022. Menurutnya, dari rancangan desain, JIS juga sudah mirip dengan stadion di Eropa. 

"Selain itu, Jakpro juga didampingi langsung oleh Assessor FIFA pada saat perencanaan dan desain JIS dilakukan," tuturnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya