Titik Banjir di Tangerang Mulai Surut, Tanggul Jebol Ditambal

Banjir di Kota Tangerang berangsur surut, Senin
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA Metro – Hujan deras yang mengguyur wilayah Tangerang pada beberapa hari terakhir, menyebabkan banjir di sejumlah titik. Namun, untuk hari ini, banjir yang merendam rumah warga mulai berangsur surut, Senin, 12 September 2022.

Bentrok Antar Kelompok Rontek, Mako Polda Lampung Ditembaki Orang Tak Dikenal

Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin mengatakan, berdasarkan laporan,  sebelumnya terdapat sekitar 4 titik banjir di pemukiman dan 3 titik banjir yang merendam jalan raya. Dimama saat ini sudah berangsur surut. 

"Ada beberapa titik banjir yang sudah surut, yakni di Ciledug Indah 1, Komplek Duren Vila Karang Tengah, Komplek Pinang Griya Permai, dan Gondrong Ciledug. Lalu, untuk jalanannya di Jalan Galeong, Margasari Karawaci, Jalan MH Thamrin Cikokol, dan Kiai Hasyim Ashari," katanya, Senin, 12 September 2022. 

Tragis, Satu Rumah Hanyut Terbawa Banjir di Gorontalo Utara

Banjir Rendam Pemukiman Warga Ciledug Indah, Kota Tangerang

Photo :
  • VIVA/ Sherly

Lanjut dia, banjir itu disebabkan juga akibat jebolnya tanggul di Kali Angke, lantaran tidak kuat menahan debit air yang kian bertambah, seiring dengan tingginya intensitas hujan. 

4.275 Pemudik Tinggalkan Kota Tangerang Lewat Terminal Poris

Adanya hal ini, pihak pemerintah setempat pun kembali melakukan penambalan sementara dengan cara memasang pagar karung. 

"Sudah kita upayakan dengan membangun kisdam sementara sepanjang 10 meter," ujarnya. 

Namun, agar tidak lagi terjadi tanggung yang jebol, pemerintah melalui instansi terkait akan melakukan koordinasi soal pembenahan tanggul. 

Kepala Dinas PUPR Kota Tangerang, Ruta Ireng W mengatakam, bahwa kisdam yang saat ini dibangun hanya sebagai kisdam sementara, namun kedepannya direncanakan akan dibangun kisdam permanen.  

“Akan dibangun yang permanen, dan sudah dalam proses lelang. Posisi tanggul jebol ini di wilayah tikungan, jadi arusnya cukup deras, maka akan kita bangun Bronjong sebagai pemecah arus," ungkapnya.

Banjir di salah satu ruas jalan di Tangerang.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

Sementara itu, Polres Metro Tangerang Kota menerjunkan puluhan petugas, untuk ditempatkan di sejumlah jalan yang sebelumnya tidak bisa dilewati, akibat terendam banjir. 

Salah satunya, di Jalan Kiai Hasyim Ashari, sebanyak 20 petugas dari satuan lalulintas dan kepolisian sektor setempat, diterjunkan di lokasi itu untuk mengurai kemacetan. 

"Saat ini, sudah mulai surut  kendaraan yang sebelumnya tidak dapat melintas sudah dapat melintas. Dan, petugas kami siagakan, untuk mengurai kemacetan yang terjadi," kata Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho

Lanjut Kapolres, pihaknya terus melakukan koordinasi membantu Instasi terkait pemerintah Kota Tangerang yakni BPBD dan relawan bencana untuk gerak cepat menanggulangi wilayah terdampak banjir. Salah satunya berupa sembako yang disalurkan ke sejumlah dapur umum di titik banjir. 

"Walaupun mulai surut, namun petugas terus kami siagakan untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan panjang dan bilamana diperlukan untuk membantu warga terdampak banjir," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya